October 15, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

‘Python’ the next web programming language

Seperti kita ketahui bahwa bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun apilkasi berbasis web bukan hanya PHP saja, dari java kita mengetahui ada bahasa pemrograman JSP, dari microsoft mengeluarkan ASP, selain itu ada lagi bahasa pemrograman  Ruby. Satu lagi dari sekian banyak bahasa pemrograman yang sedang mulai menunjukan taring-nya yaitu python, python termasuk bahasa tingkat-tinggi dan merupakan bahasa script sisi-server bagi website dan aplikasi mobile. Bisa jadi bahan pertimbangan bagi pemula yang ingin belajar pemrograman karena kemudahan dalam menulis sintaks dan mudah dalam membaca baris script program. Yang mana dengannya cukup sedikit baris kode yang ditulis sudah memenuhi konsep program yang ingin kita buat dibandingkan dengan bahasa lainnya.

Python bisa digunakan untuk teknik native programing ataupun berbasis framework, framework yang digunakan untuk pengembangan aplikasi berbasis python yang cukup powerfull adalah Django selayaknya CodeIgniter untuk PHP, dimana framework django tersebut digunakan oleh Google, Yahoo!, NASA, Instagram, Pinterest dan Rdio.

Namun dari sekian banyak kelebihan ada satu kekurangan ketika akan dihosting ke internet yaitu belum begitu banyak dukungan server untuk script python kecuali anda memesan virtual private server atau bahkan jika perlu memiliki server fisik sendiri untuk di install server dengan dukungan python.

Kelebihan python adalah script yang simple dan sifatnya yang modular sehingga mudah dikembangkan dengan menciptakan modul-modul baru, modul-modul tersebut dapat dibangun dengan bahasa Python maupun C/C++.

Bagi anda yang terbiasa dengan PHP akan merasa canggung dengan django untuk python untuk pertama kali karena django python datang dengan webserver-nya sendiri sehingga ketika diinstal anda tidak memerlukan webserver.

Untuk lebih jelasnya pada blog ini bahasan berikutnya akan mengulas tentang python for web programming baik untuk windows maupun linux, karena pada dasarnya sama yang membedakan adalah pada saat instalasi di sistem operasi yang berbeda karekteristik.

You may have missed