October 18, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

Menghapus User Postgres di Windows Seven

Kasus ini penulis temukan dari hasil konsultasi rekan kuliah penulis yang gagal install ulang postgresql di windows Seven. Rekan penulis rupanya telah menginstall postgreSQL namun dikarenakan terkena virus yang mengakibatkan postgresql tidak bisa dijalankan maka rekan penulis tersebut meng-uninstall postgresSQL. Pada saat uninstall tampak permasalahan yang berarti terlihat postgresql tidak meninggalkan jejak folder di folder program files, namun permasalahan baru timbul ketika akan menginstall ulang postgresql, dimana error yang terjadi adalah windows seven menyatakan bahwa telah ada user account postgres di dalam windows seven, ternyata hal ini terjadi pada saat uninstall postgres, tidak secara otomatis menghapus user account yang bernama postgres sebagai user default pada saat instalasi postgres, karena user postgres secara default di-hidden, untuk menghapusnya ikuti langkah-langkah berikut :

1. tekan tombol  windows + R (huruf R)

2. ketik regedit selanjutnya tekan enter

3.  Pada jendela registry editor masuk ke lokasi :

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon

4. Klik kanan pada Folder Winlogon key dan pilih  menu New -> Key dan beri nama SpecialAccounts

5. Kemudian masuk ke folder WinLogon dan buat key baru dengan nama UserList

6. Didalam  folder UserList klik kanan mouse dan pilih New -> DWORD (32-bit) value dan beri nama dengan postgres (dalam hal ini user default postgres yang akan dihapus)

7. Setelah itu, tutup jendela Registry Editor dan buka control panel, kemudian pilih Add or Remove User , maka akan tampil user postgres yang semula di-hidden.

8. Pilih user postgres pada gambar diatas, maka akan tampil pilihan menu untuk user postgress, kemudian pilih Delete the account.

9.  Maka akan keluar pilihan untuk memilih apakah akan meninggalkan file milik user postgres atau akan menghapusnya, pilih saja Delete Files

10. Kemudian akan keluar kotak dialog konfirmasi, klik tombol Delete Account.

11. Setelah account postgres, selanjuntnya tinggal menginstal kembali postgreSQL yang gagal instal sebelumnya.

You may have missed