October 24, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

array_search di Array Multidimensi dalam PHP

Sebagai mana kita ketahui bahwa array adalah bentuk sederhana dari sebuah tabel, dimana susunannya terdiri kolom dan baris, array sendiri terdiri dari array satu dimensi, dua dimensi dan berdimensi banyak.

Dalam php disedikan banyak fungsi bult in untuk mengelola array salah satunya untuk pencarian didalam array yaitu array_search, namun sayangnya array_search hanya akan berfungsi jika digunakan pada array yang berdimensi satu, sebagai contoh perhatikan script dibawah ini, penulis memiliki satu buah file array.php  dimana pada file tersebut terdapat satu array berdimensi satu yaitu array $bulan , dan array yang berdimensi dua yaitu array $jab_akademik dan array $pend_akhir.

Berikut nya penulis akan menunjukan fungsi array_search dengan membuat file index.php sebagai berikut :

Ketika dijalankan maka hasilnya akan tampak seperti berikut :

Tampak pada gambar diatas bahwa bulan Januari memiliki index 1, sekarang kembali ke masalah utama, perhatikan array $jab_akademik dan $pend_terakhir dari array diatas bagaimana caranya supaya ketika penulis memiliki kode A akan menghasilkan Guru besar ketika merujuk pada array $ja, sedangkan jika yang dirujuk adalah array $pend_akhir bagaimana caranya supaya menghasilkan S2 ketika memiliki kode B, ternyata array_search tidak berlaku jika array yang akan dijadikan rujukan adalah bukan array berdimensi satu. Lalu bagaimana caranya agar bisa melakukan pencarian jika kasus nya seperti itu ??

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka penulis membuat fungsi sendiri yang disimpan dalam fungsi.php dengan script sebagai berikut :

Untuk menjawab pertanyaan tentang jabatan akademik dan pendidikan akhir dengan modal kode maka dibuat file index.php dengan isi script sebagai berikut :

Dan jika dijalankan maka hasilnya akan tampak sebagai berikut :

Tampak terjawab hasil dari proses pencarian di array multidimensi ! .

You may have missed