October 15, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

Mengaktifkan PHP Curl di Ubuntu

PHP Curl .. apa lagi tuh ?? PHP Curl (dibaca: si URL) singkatan dari Client URL dan dikembangkan oleh Daniel Stenberg pada tahun 1998 sebagai alat bantu command line untuk transfer files dengan sintaks URL melalui bermacam-macam protokol (FTP, HTTP, HTTPS, SCP, SFTP, TELNET, LDAP, dsb). Sedangkan libcurl adalah library portable yang menyediakan interface (untuk berbagai bahasa pemrograman, seperti Perl, Python, PHP, dsb) terthadap fungsionalitas cURL. Salah satu manfaat Curl adalah bisa digunakan untuk mengambil isi web suatu web site secara keseluruhan atau sebagaian, sebagai contoh pada salah satu blog penulis (http://onlinebisnis.web.id) pada bagian bawah terdapat informasi Kurs, informasi live dari web BCA diambil dengan teknik Curl, atau pada web site SMK N 2 Kuningan di menu Guru dan Tata Usaha ditampilkan data guru beserta detailnya, dimana sebagian data diambil dari halaman Info NUPKT secara live, nah itulah sekilah tentang salah satu manfaat Curl di PHP, dengan kata lain kita bisa ‘mencuri’ isi web site lain untuk ditampikan di web site milik kita.

Nah, sebelum memulai membuat contoh curl kita harus mengaktifkan terlebih dahulu PHP Curl, pada kali ini akan dibahas terlebih dahulu cara mengaktifkan PHP Curl di Ubuntu 10.04 dengan php versi 5.

1. Install paket php curl

$sudo apt-get install php5-curl

2. Edit file php.ini

$sudo pico /etc/php5/apache2/php.ini

3. Tambahkan syntax pada baris paling akhir

extension=php_curl.dll

4. Selesai sekarang php curl sudah aktif dan tinggal digunakan.

Bagaimana pengguna windows ?? jika menggunakan XAMPP sebagai paket server maka lokasi php.ini berada di  c:\windows\php edit file php.ini dengan menambahkan syntax seperti pada langkah ke-3

You may have missed