October 15, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

Membuat View di MySQL

Kali ini penulis akan memberikan tutorial tentang view di MySQL. Apa itu View ? secara sederhana view adalah sebuah tabel bayangan (virtual table) didalam RDBMS yang dibentuk oleh statement select dalam RBMS itu sendiri, lalu apa fungsi view ? fungsi pokok yang dari view yaitu :

  1. Menyederhanakan statement select yang panjang dan rumit menjadi lebih simple
  2. Menyembunyikan field asli dalam table (alasan sekuritas)
  3. Memfokuskan data tertentu
  4. Menyesuaikan data dengan kebutuhan user
  5. Mengirim dan menerima data
  6. Mengkombinasikan data yang terpartisi

Pada contoh kali ini penulis akan menunjukan cara membuat view, memanggil view, dan menghapus view, contoh kasus adalah membuat view untuk mengkonversi suhu dalam skala celcius ke skala lain, penulis menggunakan rumus yang diperolah dari http://id.wikipedia.org/wiki/Rumus_view_suhu, berikut rumus untuk merubah skala celcius ke skala lain :

  1. Sebagai langkah awal buat table dengan nama tblsuhu dengan strukture table seperti tampak dibawah ini
  2. Isi tabel tersebut dengan data sample seperti tampak pada gambar dibawah
  3. Setelah diisi table tersebut tampilkan dengan perintah :
  4. Sekarang kita konversi sakala Celcius ke skala yang lain dengan menggunakan statement select dan rumusan konversi suhu, perhatikan statement select yang sedikit kompleks dibawah ini :
  5. Dan ketika anda selesai serta menekan tombol enter maka hasilnya akan tampak seperti pada gambar dibawah ini :
  6. Nah dari tabel diatas setiap anda akan mengkonversi suhu yang baru maka anda harus berulang-ulang mengetik perintah pada langkah 5, dengan VIEW kita bisa menyederhanakan perintah diatas sehingga anda tidak berulang-ulang mengetik perintah yang sangat panjang dan kompleks seperti tampak pada langkah ke-4. Baik sekarang kita buat view, syntax dasar dari pembuatan view adalah :

    CREATE VIEW nama_view AS
    statement select

  7. Nah dari syntax diatas maka untuk membuat view sehingga perintah konversi suhu menjadi sederhana maka ketik syntax berikut :
  8. Sekarang kita cek apakah view telah berhasil dibuat atau tidak ? berikan perintah SHOW TABLES tampak seperti gambar dibawah ini, maka yang semula penulis memiliki satu buah table yaitu tblsuhu kini penulis memiliki satu table yaitu tblsuhu dan satu view yaitu v_hasil_konversi, dari tampilan diatas kita tidak bisa membedakan mana view mana table kecuali kita membuat identitas misal untuk tabel diawali dengan tbl untuk view diawalai dengan v_
  9. Bagaimana memanggilnya ?? untuk memenggilnya gunakan statement select seperti ketika anda memanggil data dalam table, perhatikan gambar dibawah ini bandingkan dengan langkah ke-4 ketika akan menampilkan data yang sama lebih mudah yang mana ? lebih sederhana yang mana syntax nya ? dengan view atau tanpa view ??
  10. Bagaimana menghapus view ? sama seperti ketika anda menghapus table dengan perintah DROP tetapi bukan DROP TABLE melainkan DROP VIEW nama_vew

Semoga bermanfaat .. tunggu tricks MySQL lainnya 🙂

You may have missed