October 24, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

Meng-online-kan Server Sendiri dengan Telkom Speedy

Tulisan kali ini masih dalam rangkaian “membuat server hosting sendiri“, untuk lebih memahami alur tulisan ini silahkan anda baca artikel-artikel sebelumnya yang merupakan langkah-langkah persiapan pembuatan hosting sendiri :
Me-remote Modem ADSL Milik Sendiri
Membuat Server Sendiri dengan Telkom Speedy
Setelah kedua persiapan tersebut dilakukan, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri ke layanan dynamic DNS. Apa itu dynamic DNS ?? seperti telah dijelaskan pada dua artikel sebelumnya apabila kita menggunakan telkom speedy unlimited maka kita akan mimilik IP Public (Wan IP) yang bisa diakses dimana saja, apabila kita akses IP tersebut dari mana saja menggunakan jalur internet maka anda akan dihadapkan pada halaman login modem anda, namun apabila modem mengalami kehilangan power alias mati listrik maka IP nya akan berubah dan anda akan kerepotan untuk mengakses modem anda dari luar karena anda tidak tahu IP public modem anda sekarang berapa?? hal ini terjadi karena IP yang diberikan ke modem ADSL diatur oleh DHCP Server milik telkom.
Nah agar anda senantiasa bisa meremote modem anda / atau server anda maka anda harus membuat sebuah nama domain yang akan diarahkan ke modem anda secara otomatis sehingga anda tidak dibingungkan dengan perubahan IP modem ADSL anda akibat mati listrik. Nah disini lah peranan layanan dyndns yaitu menerjemahkan domain yang kita daptarkan menjadi sebuah IP addres (public) sehingga IP Address boleh berubah-ubah sedangkan nama domainnya tetap.
Untuk memperoleh layanan dyndns, silahkan daftarkan ke dyndns.org

  1. Setelah halaman dyndns.org terbuka, klik tombol sign in, kemudian klik link ceate an account

  2. Isi form yang disediakan selengkap mungkin, dan masukan email aktif untuk menerima aktifasi dan password

  3. cek email anda dan klik link yang diberikan di dalam email untuk proses aktifasi

Sampai saat ini pendaftaran telah selesai, tunggu artikel berikutnya untuk langkah pembuatan domain untuk server/host yang akan di-online-kan.

You may have missed