October 24, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

Tutorial MySQL

SQL, pada hari ini menjadi sebuah kebutuhan utama dalam mengelola database system, dimana SQL sudah menjadi bahasa utama dalam aplikasi apaun untuk mengelola data. Oleh karena itu mulai hari ini Oz Log akan mempersembahkan tutorial SQL khususnya MySQL yang akan disimpan dalam kategori MySQL secara bertahap sampai mengenal dasar-dasar mysql.

Structured Query Language atau lebih dikenal SQL digunakan untuk memanipulasi data yang disimpan dalam Relational Database Management Systems (RDBMS). SQL menyediakan perintah dimana data dapat diekstraksi, disortir, diperbarui, dihapus dan dimasukkan. SQL memiliki dukungan penuh dari ANSI (American National Standards Institute), yang telah menetapkan aturan-aturan tertentu untuk bahasa tersebut.

SQL dapat digunakan dengan RDBMS seperti MySQL, mSQL, PostgresSQL, Oracle, Microsoft SQL Server, Access, Sybase, Ingres dll Semua hal pernyataan SQL yang utama dan umum didukung oleh RDBMS, meskipun pada kenyataanya masing-masing telah menetapkan sendiri pernyataan dan ekstensi yang dikemangkan oleh masing-masing develover RDMS tersebut.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, SQL adalah bahasa query umum untuk beberapa jenis database. SQL tutorial ini telah disusun untuk memahami dasar-dasar MySQL, yang merupakan RDBMS open source yang tersedia untuk di-download di MySQL.com. Namun, saya telah berusaha untuk menghindari perintah khusus untuk MySQL dalam SQL tutorial. SQL Tutorial akan membantu membangun fondasi yang kuat dalam bahasa SQL, sehingga bahasa SQL yang akan disajikan nati selanjutnya dapat Anda gunakan ke RDBMS spesifik yang akan Anda pelajari selanjutnya, misal mSQL, PostgresSQL, Oracle, Microsoft SQL Server, Access, Sybase, Ingres, dan lain-lain.

You may have missed