October 18, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

Meng-install Opera di linux Ubuntu

Apa browser favorit anda ? mozilla, flock, safari, opera atau internet explorer atau malah yang lainnya ? berbahagialah anda yang menjadikan mozilla sebagai browser favorit karena jika anda bermigrasi ke linux, mozila adalah browser default unukkeluarga linux.

Tidak yang seperti penulis alami, beberapa waktu yang lalu setelah selesai membuat jaringan di SMK N 2 kuningan dengan membangun server akademik penulis melakukan testing aplikasi perpustakaan berbasis web yang penulis bangun, namun karena menggunakan mozilla penulis merasakan kurang sreg-nya berselancar di dunia maya disamping iu mozilla tidak banyak menyertakan addons standar secara default seperti flash player, sampai sekarang penulis belum berhasil menginstal flash player unuk mozilla di lingkungan keluarga linux.

Lalu apa browser favorit penulis ? sampai saat ini penulis mengidolakan opera sebagai browser untuk pc maupun untuk handphone. Permasalahan timbul ketika penulis berhasil menginstal linux dan seperti kita ketahui linux tidak menyediakan opera, untuk itu kita harus menginstallnya sendiri, berikut adalah langkah-langkah menginstall opera di linux ubuntu yang telah penulis lakukan dan berhasil setelah melakukan googling kesana kemari.

Untuk menginstal opera langkahnya adalah sebagai bierkut :

  1. login sebagai root untuk proses instalasi

    #sudo -s

  2. Edit the file /etc/apt/sources.list dan tambhakna baris beriut terganung versi ubunu yang anda gunakan apakah Dapper, Edgy atau Feisty
  3. Untuk ubuntu feisty :
    deb http://archive.canonical.com/ubuntu feisty-commercial main

    Untuk ubuntu edgy :
    deb http://archive.canonical.com/ubuntu edgy-commercial main

    Untuk ubuntu dapper:
    5
    deb http://archive.canonical.com/ubuntu dapper-commercial main

  4. Install gpg-key

    #sudo gpg –keyserver subkeys.pgp.net –recv-key 6A423791
    #sudo gpg –fingerprint 6A423791
    #sudo gpg –armor –export 6A423791| sudo apt-key add –

  5. Lakukan update database
    #sudo apt-get update
  6. lakukan instalasi opera
    #sudo apt-get install opera

You may have missed