May 15, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

Masalah Delimiter Pada XAMPP Versi 1.7.3

Sudah lama rasanya xampp di laptop tidak di upgrade versi yang tertera di system adalah versi 1.5.3a setelah merasa perlu melakukan upgrade mengingat versi yang sudah gaek akhirnya mendownload versi terbaru yaitu Versi 1.7.3, seperti biasanya setelah mendownload dan membackup file php dan mysql data melakukan instalasi xampp versi terbaru banyak perubahan pada saat instalasi termasuh didalamnya support asp dan SSL serta adanya addons tomcat.Setelah melakukan restore data langsung menjalankan aplikasi yang pernah dibuat, namun ternyata pertama kali menjalankan xampp versi terbaru tidak semulus versi sebelumnya, yang tampak adalah error dan aplikasi tidak berjalan sebagaimana mestinya, error tampak seperti pada gambar berikut :

Dari gambar diatas sebagai analisi awal adalah server web tidak berjalan tetapi setelah dilakukan pengecekan berjalan seperti biasanya, langkah berikutnya membuat script phpinfo untuk mengecek apakah php berjalan, dan hasilnya berjalan normal. Dan yang lebih mengagetkan pada saat memilih menu view –> source (menggunakan IE) tampak seluruh code php, padahal seharusnya yang tampil adalah code html.

Dari gambar diatas curiga terhadap modul yang ada di versi terbaru, vonis dijatuhkan terhadap modul SSL (server side include), kemudian modul tersebut dimatikan dan melakukan pengecekan ulang hasilnya tetap tidak ada perubahan.

Error pada gambar pertama menunjukan bahwa file config.php tidak diketahui keberadaannya artinya file config tidak bisa di-include, setelah melakukan experimen ternyata xampp terbaru tidak bisa meng-include  file lain ke dalam file php.

Setalah melakukan googling ternyata permasalahan intinya terletak pada delimiter php, seperti kita ketahui delimiter php bisa menggunakan style seperti berikut :

atau

atau style asp

Nah pada kasus ini delimiter yang diterima hanya delimiter standar php yaitu :

Selain delimiter diatas maka aplikasi web tidak akan berjalan. Jadi bagaimana jika anda sudah membangun aplikasi dengan delimiter yang tidak standa seperti yang penulis alami seluruh delimiter pada file php menggunakan style :

Caranya adalah dengan merubah configurasi php di file php.ini yang terletak di c:\xampp\php

pada file tersebut cari baris :

short_open_tag = off

ubah menjadi :

short_open_tag = on

dan jika anda membangun aplikasi menggunakan asp style cari baris

asp_tags = Off

ubah menjadi :

asp_tags = On

simpan hasil perubahan dan lakukan restart pada xampp anda. Di jamin pasti berjalan normal. Sampai penulis belum mengetahui alasan xampp merubah nilai default mungkin saja isu utama adalah security..

You may have missed