October 24, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

Reset Root Password Mysql di Linux

Kasus lupa password root di mysql mungkin pernah anda alami seperti yang penulis alami beberapa minggu kebelakang. Kasus yang dihadapi ternyata bukan lupa password tetapi penulis meng-update password root dengan MD5, padahal di mysql password untuk user mysql di encripyt menggunakan type password, sehingga akibatnya fatal, penulis tidak bisaa login sama seklai ke mysql server sampai aplikasi berbasis web yang sedang dibangun di server ubuntu 6.10 LTS pun tidak bisa dibuka sama sekali.

Sempat berfikir langkah terakhir adalah meng-uninstall mysql server namun jika hal itu dilakukan maka database hilang dan kemungkinannya kecil sekali untuk bisa diperoleh kembali. Setelah ber-googling ria dan akhirnya terdampar di situs mysql, maka akhirnya diperoleh juga langkah aman untuk mereset password mysql user root di unix like system (dalam hal ini linux ubuntu).

Untuk melakukannya ikuti langkah-langkah berikut :

Login ke system linux anda sebagai root (via terminal atau via desktop).

Cari file yang  berekstensi .pid yang merupakan process ID mysql server. Secara pasti lokasi tiap distro berbeda-beda tegantung distro yang anda gunakan, host name, dan konfigurasi. Secara umum lokasinya terletak di /var/lib/mysql/, atau  /var/run/mysqld/, atau /usr/local/mysql/data/  dengan nama file secara umum berupa mysqld.pid

Anda dapat menghentikan proses MySQL server dengan mengirimkan perintah normal kill (bukan kill -9) ke the proses mysqld, atau dengan menggunakan GUI sebagai contoh dibawah ini penulis menghentikan database mysql server menggunakan GUI dengan memilih Menu System –> Services

Hilangkan tanda ceklist pada database server (mysql) kemudian klik OK. Anda sekarang telah mematikan server database mysql.
Selanjutnya buatlah script untuk me-reset password mysql seperti dibawah ini dengan menggunakan text editor kesayangan anda, kemudian save dengan nama reset-pass di direktori home anda misal penulis menyimpan di /home/ozs :

UPDATE mysql.user SET Password=PASSWORD(‘MyNewPass’) WHERE User=’root’;
FLUSH PRIVILEGES;

Pada bagian MyNewPass ganti dengan password anda yang baru.

Kemudian masuklah ke terminal dan jalankan command dibawah ini :

shell> mysqld_safe –init-file=/home/ozs/reset-pass &      tekan enter

Perintah diatas menjalankan database server mysql dalam modus safe mode serta menjalankan script reset-pass yang telah dibuat

Sekarang silahkan anda login ke mysql dengan menggunakan password anda yang baru. Selamat anda bisa login kembali tanpa meng-uninstall mysql.

Bagaimana jika kasus nya di server yang menggunakan windows sebagai sistem operasinya ? tunggu artikel berikutnya.

You may have missed