October 18, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

Filtering Mail di Yahoo! Mail

Artikel ini diperuntukan bagi mereka-meraka yang aktf dalam berkomunikasi via mail terutama yahoo mail, padatnya aktifitas email disebabakan banyak faktor diantaranya aktif diberbagai milis dan forum diskusi sehingga inbox akan cepat penuh apalagi milis yang diikuti cukup aktif atau anda bergabung dengan jejaring sosial seperti friendster atau facebook dan sejenisnya, atau bahkan mereka – meraka yang tidak aktif dalam ber email namun menjadi korban mail spaming, sehingga timbul kesulitan pada saat akan membaca mail dikarenakan mail di Inbox tidak terorganisir dengan baik.

Sebagai contoh kasus filtering mail ini akan memfilter atau menyeleksi mail dari facebook dan akan otomatis disimpan di kotak sampah (trash), sehingga akan memudahkan untuk menghapus email dari facebook hanya dengan sekali klik saja. Seperti kita ketahui jika kita bergabung ke facebook maka setiap status dan notifikasi yang masuk ke profil kita akan dikirimkan juga ke mail kita, apabila ini dibiarkan maka inbox anda akan penuh dalam beberapa hari saja.

Untuk mengatur supaya mail notifikasi dari facebook dipindahkan ke kotak sampah (trash) atau spam atau lebih dikenal dengan filtering mail dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

Login ke Yahoo mail anda

Setelah login klik tombol opsi, dan pilih opsi mail (mail Option)

Maka akan ditampilkan menu-menu pengaturan mail seperti tampak pada gambar dibawah, untuk pengaturan filtering mail pilih menu filter dan klik buat atau edit filter

Maka akan ditampilkan daftar Mail filtering yang telah dibuat (jika ada) dan akan kosong jika anda belum membuatnya, untuk membuatnya klik tombol tambah (lihat gambar)

Setelah tombol tambah di klik maka anda akan diminta untuk  mengisi data filtering seperti pada gambar diawah, masukan nama filter bebas yang penting mengingatkan anda misal untuk memfilter mail dari facebook kita beri nama facebook. Anda perhatikan setiap mail dari facebook,subjek mail atau judul mail selalu mengandung kata facebook hal ini kita gunakan untuk memfilter mail dari facebook untuk itu pada bagian judul pilih mengandung pada drop down dan dan ketikan kata yang terkandung dalam judul mail ketik saja facebook untuk setiap mail dari facebook, dan jangan men-cek pilihan cocokan huruf kapital hal ini akan meloloskan mail dari filtering artinya kita tidak membedakan huruf besar dan kapital.

Kemudian pada bagian maka pilih folder apa yang akan menjadi tujuan dari mail yang kita filter dalam hal ini akan kita pindahkan ke folder sampah, artinya jika  ada mail yang datang dengan subjek/judul facebook maka akan dipindahkan ke sampah. Jika telah selesai klik tombol simpan.

Lakukan hal diatas berulang-ulang setiap anda akan membuat filter baru, jika anda membuat banyak filter maka akan ditampilkan seluruh filtering di menu daftar filter seperti terlihat pada gambar dibawah ini :

Untuk mail gratis di yahoo anda bisa membuat filtering mail sebanyak 100 buah filtering mail, status penggunaan filtering bisa dilihat di grafik batang seperti pada tampak pada gambar berikut :

Gunakan fasilitas filter ini sehemat mungkin, karena jatahnya sangat terbatas.

Jika proses filtering telah sukses dibuat maka setiap email yang masuk sesuai dengan aturan filter yang dibuat maka secara otomatis akan dipindahkan ke folder-folder tertentu menurut aturan filtering yang telah dibuat. Perhatikan gambar dibawah ini, dibawah ini adalah mail milik penulis di yahoo semua terorganisir sesuai filter, mail dari milis disimpan di folder  milis sesuai nama milis yang diikuti, sedangkan facebook  dan mail sampah dipindahkan ke kotak sampah, sehingga untuk menghapusnya cukup mengklik link kosongkan.

Fasilitas filtering ini tersedia di setiap layanan web mail termasuk di mail client seperti outlook express, Microsoft Outlook, opera mail, atau mozila thunderbird, dengan cara dan prinsip pembuatan yang tidak jauh berbeda. Selamat mencoba !

You may have missed