October 15, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

Membuat Admin Area Untuk Mengelola Menu Dinamis

Artikel ini merupakan  lanjutan dari artikel membuat menu dinamis dengan php dan mysql, namun pada artikel tersebut baru bisa menampilkan menu secara dinamis dari database mysql. Tampilan menu secara umum akan tampak seperti pada gambar dibawah ini :

Untuk membuat menu dinamis silahkan script-nya download disini, mari kita lanjutkan membuat menu admin agar lebih mudah mengelola menu yang akan ditampilkan di aplikasi berbasis web atau web site buatan sendiri.

Untuk membuat menu admin maka anda harus membuat folder admin pada direktori dibawahnya, atau terserah anda namanya apa. Untuk jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :

Didalam folder admin buatlah beberapa file php seperti terlihat gambar dibawah ini :

Pada saat anda mengakses URL http://websiteanda.com/admin/ atau http://localhost/buat_menu/admin/ maka file index.php akan dieksekusi dan menampilkan halaman login seperti dibawah ini :

Ketika anda memasukan user anda sebagai admin dan password dan sukses login maka anda akan dibawa ke halaman admin area dengan mengeksekusi admin.php

Dari gamabr diatas tampak menu di sebelah kiri untuk mengelola menu yang terdiri dari menu untuk melihat daftar menu yang telah dibuat dan menu untuk membuat menu baru.

Pada saat anda mengklik menu Daftar Menu, maka file daftar_menu.php akan dieksekusi dan akan menampilkan menu yang sudah dibuat.

Link hapus dan edit digunakan untuk menghapus dan mengedit menu yang telah ada, jika klik menu hapus anda akan mengeksekusi file proses.php dan menjalankan aksi konfirmasi penghapusan dan jika memilih edit maka akan menjalankan file tambah_menu.php dan menjalankan aksi pengambilan data dan menampilkannya di form yang disediakan dan dijalankan oleh file tambah_menu.php.

Untuk menambah menu, maka anda klik menu Tambah Menu sehingga file tambah_menu.php akan dieksekusi, dan menampilkan form penambahan menu.

Pada saat mengklik tombol simpan, maka file proses.php dieksekusi dan menjalankan aksi penyimpanan data, sekaligus mengembalikan halaman ke daftar menu yang sudah dibuat.

Pada saat anda membuat menu baru, maka anda harus menggunakan sintak-sintak html untuk menampilkan isi menu agar tampak terformat sebagai mana mestinya. Untuk mempelajari scriptnya silahkan anda download scriptnya.

Tunggu artikel lanjutanya, bagaimana jika kita akan menambah menu untuk mengelola artikel serta apa bedanya antara artikel dan menu…don’t miss it.

You may have missed