October 24, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

Membuat File *.iso

File iso menjadi lebih familiar di kalangan orang awam semenjak linux merambah dunia desktop, dimana segmennya tidak hanya kalangan profesional IT, namun hampir semua kalangan yang sedang mempelajari dan berhubungan dengan linux pasti akan familiar dengan iso file.

Iso file identik dengan kompresi data, namun iso file berbeda dengan kompresi data pada umumnya, perbedaan utama terletak pada saat mounting data iso, dimana untuk membuka data yang terdapat dalam file iso terlebih dahulu file iso tersebut harus di ekstrak ke CD dengan cara mem-burning-nya ke CD, disamping itu file iso tidak mudah terkena virus berbeda dengan file kompresi seperti zip atau rar file, virus dengan mudah bisa menyusup ke dalam file zip atau file rar.

Selain harus di-ekstrak ke CD, file iso juga bisa dibuka dengan menggunakan virtual drive atau lebih dikenal dengan virtual CDrom. JIka sudah di mounting ke virtual drive, file iso layaknya sebuah CD yang bisa dicopy atau di boot dengan program tertentu misal virtual mesin.

Pada tulisan kali ini penulis akan mencoba membuat file iso, dimana CD yang akan  di-iso-kan adalah Live CD Ubuntu versi 5.10. Untuk melakukannya banyak aplikasi yang bisa kita gunakan, penulis biasa menggunakan Nero Express, namun bila tidak memiliki bisa menggunakan aplikasi lain misal LC ISO Creator yang bisa di download di http://www.lucersoft.com, Berikut cara membuat file iso, dengan menggunakan NEro Express

Membuat Iso File dengan Nero Express

Jalankan neroexpress, lihat gambar dibawahuntuk tampilan awal nero express

Klik tombol More pada bagian bawah nero express

Pastikan cd yang akan dibuat iso nya sudah ada di dalam cdrom

Out file format, pilih Iso Image File (*.iso)

Pada bagain Path, tentukan direktori tempat menyimpan file dan tentukan nama file isonya dengan cara mengklik tombol browse

JIka telah siap, klik tombol GO,

Tungggu progres sampai dengan selesai

You may have missed