October 24, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

Captcha # Fungsi dan Implementasi dalam Security

“Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart” atau lebih dikenal dengan istilah CAPTCHA yang secara harfiah dapat kita artikan sebagai Uji Turing Publik Terotomatisasi Penuh untuk membedakan Komputer dan Manusia (wikipedia), diciptakan pada tahun 2000 oleh Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas J. Hopper (semua dari Carnegie Mellon University), dan John Langford (IBM).

Secara umum fungsinya untuk membedakan siapa yang melakukan input terhadap komputer apakah oleh manusia atau oleh komputer itu sendiri dengan menggunakan bantuan software tertentu.

Captcha lebih banyak digunakan dan diimplementasikan untuk keperluan security, diantaranya untuk form login, pengisian komentar atau buku tamu, proses verifikasi dan sebagainnya, sehingga komputer bisa memastikan bahwa yang menginput captcha adalah manusia bukan oleh komputer.

Berikut adalah contoh-contoh captcha yang ada dan sering anda temui :

  

Cara kerja captcha jika menggunakan PHP sebagai scriptnya, pada dasarnya adalah memanfaatkan library PHP GD, dimana string yang ditampilkan secara random disimpan dalam ebuah variabel kemudian ditampilkan sebagai image menggunakan library PHP GD, untuk jelasnya perhatikan script dibawah ini

index.php

result.php

Inti dari script diatas adalah pada script captcha.php sebagai berikut :

Untuk mencobanya, silahkan anda download scriptnya :

Selamat Mencoba !

You may have missed