October 24, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

Menghitung selisih jam dengan PHP

Permasalahan penghitungan selisih jam ini penulis temukan saat membangun aplikasi penggajian untuk Toserba Fajar di Kab. Kuningan, permasalahannnya timbul pada saat menghitung jumlah jam kerja dan jam lembur, dimana untuk menghitung upah lembur dan jam kerla, harus diketahui terlebih dahulu selisih antara jam masuk dan jam keluar.

Setelah melakukan googling, penulis menemukan script dari blog http://dikantor.blogspot.com/2004/10/php-selisih-jam.html, namun script yang penulis temukan hanya menghasilkan selisih dalam detik sedangkan yang penulis butuhkan dengan format seperti pada gambar dibawah !

Setelah melakukan modifkasi, maka akhirnya penulis berhasil membuat satu fungsi untuk menghitung selisih waktu antara dua waktu yang berbeda, hasil awalnya memang berupa detik, untuk mengkonversi ke format jam dan menit, maka dilakukan proses perhitungan dengan menggunakan fungsi seperti dalam script dibawah ini :

JIka anda hendak mengambil data jam masuk dan jam keluar dari database (e.g. mysql) cukup menambahkan script pengambilan tanggal masuk dan keluar, kemudian simpan divariabel $jam_masuk dan $jam_keluar. Scriptnya silahkan anda download … Selamat mencoba.

You may have missed