October 24, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

Contoh Script Membuat Menu Dinamis

Perhatikan gambar dibawah ini !, pada bagian yang dilingkari adalah menu dari web sederhana yang telah saya buat dengan script php, selintas anda mungkin berfikir akan ada banyak file di direktori server untuk script yang saya buat, asumsinya jumlah file sama dengan menu yang tampil dilayar !, berddasarkan gambar dibawah setidaknya mungkin akan ada sepuluh file php yang masing-masing berisi artikel sesuai judul yang tercantum. Jika anda berfikir demikian maka anda salah !

Sebenarnya saya hanya membuat dua buah file yaitu file config.php dan file index.php , perhatikan gambar dibawah ini !, lantas dimanakah isi artikel dari link-link yang ada didalam menu ? bagaimana menampilkannya ?

Untuk membuatnya pertama anda buat sebuah tabel di mysql dengan struktur sebagai berikut :

field Id digunakan untuk menyimpan kode artikel yang akan dibuat secara otomatis oleh sql, file tanggal untuk menyimpan informasi tanggal dibuatnya menu, Field judul digunakan untuk menyimpan judul, field isi digunakan untukmenyimpan artikel /isi menu jika diklik menu yang bersangkutan, sedangkan field tipe digunakan untuk membedakan mana data menu dan mana data artikel biasa. Setelah anda buat tabel diatas, maka selanjutnya buat script config.php untuk mengkoneksikan dengan database mysql (lihat gambar dibawah)

Setelah membuat file config.php, selanjutnya buat file index.php yang isinya akan menampilkan artikel yang disimpan di mysql. Perhatikan gambar dibawah pada baris ke-7 sampai beris ke-13 merupakan script sql untuk mengambil dan menampilkan menu.

Masih dengan gambar diatas perhatikan baris ke-19 sampai baris ke-23, merupakan script untuk mengecek apakah pengunjung melakukan klik terhadap menu disebelah kanan ? jika ya maka tampilkan isi menu nya, jika tidak maka akan dijalakan script baris ke-33 sampai dengan baris ke-45.


Sedangkan script yang lainnya adalah kosmetik tampilan web yaitu dengan menggunakan tabel. Untuk jelasnya silahkan download script diatas dengan mengklik tombol dibawah ini !

Selanjutnya bagaimana menambah dan mengurangi menu dengan cara membuat area administrator ! Silahkan baca artikel Membuat Admin Area Untuk Mengelola Menu Dinamis

You may have missed