October 15, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

Contoh Script Link. “Selengkapnya …”

Mungkin anda sudah sering melihat gambar seperti dibawah ini :

Kemudian apa yang terjadi jika anda mengklik link selengkapnya ?, maka pasti browser akan menampilkan artikel secara keseluruhan seperti terlihat dibawah ini :

Tampilan dengan link “selengkapnya” seperti diatas sering digunakan di  halaman depan web / blog dengan tujuan untuk menghemat waktu loading atau menarik perhatian pembaca, untuk membuatnya sebagai contoh pada kasus ini penulis membuat tiga buah file yaitu config.php untuk mengkoeng terpilih.

Pada file config.php berisi parameter seting database dan satu buah parameter $batas yaitu untuk mengecek berapa banyak kata yang akan ditampilkan di halaman depan untuk setiap artikelnya, dalam hal ini ditetapkan sebanyak 50 kata !

Sedangkan pada file index.php adalah inti dari script untuk menampilkan setiap artikel. inti script ini adalah pada baris 9 (lihat gambar dibawah),  jika variabel artikel kosong maka akan memecah isi artikel dengan fungsi explode dan disimpan dalam variabel array $kata selanjutnya dengan menggunakan looping for dimulai dari 0 sampai dengan batas yang ditentukan dalam variabel $batas, array $kata ditampilkan (baris 16), dan pada baris 19 dilakukan pengecekan, jika nilai akhir variabel looping ($i) kurang dari sama dengan variabel $batas, maka link selengkapnya tidak akan ditampilkan.

Dari script diatas anda bisa memodifikasi agar link “selengkapnya” menjadi diubah menjadi tombol Read More atau sejenisnya dengan mengganti baris 20.

Dan terakhir jika link “selengkapnya” diklik maka user akan dibawa ke halaman detail dengan menampilkan seluruh artikel secara lengkap.

Untuk jelasnya silahkan download contoh script tersebut dengan mengklik tombol dibawah ini

You may have missed