October 24, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

Mengkonversi Office 2007 ke Versi Sebelumnya

Office 2007 telah lama dilauncing oleh microsoft, namun di Indonesia penggunaan versi sebelumnya yaitu 2003 kebawah masih merupakan versi favorit bagi mereka, hal ini wakar karena dari sis interface Office 2007 mengalami banyak perubahan terutama tata letak menu yang menyulitkan user yang terbiasa dengan Office versi sebelumnya.

Dibalik kelebihan yang ditawarkan oleh office 2007, banyak user yang terjebak dengan kelebihan yang ditawarkan tersebut, masalah klasik adalah format dokumen yang tidak didukung oleh office versi sebelumnya, misal pada MS Word 2007 file extension dokumen adalah *.docx sedangkan pada versi sebelumnya berformat .doc, begitu pula yang lainnya pada office 2007 extension diakhiri huruf “x”, hal ini karena office 2007 menggunakan teknologi  xml yang mempermudah dalam konversi antar platorm (cross flatform).

Jadi jika anda ingin agar dokumen anda di office 2007 dapat dibuka di versi sebelumnya, maka pada saat menyimpan dokumen jangan menggunakan menu SAVE, tetapi gunakan SAVE AS dan pilih file type versi sebelumnya (earlier version).

Namun jika anda terlanjur memiliki dokumen offic2007 dan tidak memiliki office 2007 maka untuk membukanya anda memerlukan software konversi, salah satu web yang memberikan layanan konversi secara online. Web yang dimaksud adalah www.zamzar.com, langkah=langkah yang dilakukan untuk proses konversi cukup mudah dan hasil nya akan dikirim via email anda.

Sebagai contoh berikut step by step proses konversi

1. buka site www.zamzar.com

2. Uplod dokumen anda

3. JIka telah di upload maka dokumen anda akan ditampilkan dibawahnya

4. Pilih tipe hasil konversi

5. Masukan Email anda

6. Klik tombol Convert

7. Cek Inbox Email Anda

You may have missed