October 24, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

Membuat Aplikasi PHP Modular

Apakah anda sedang belajar PHP ? pernahkan di benak anda bertanya, bagaimana membuat aplikasi berbasis web dengan php yang bersifat modular, sehingga anda bisa menambah dan mengurangi fasilitas di aplikasi anda tanpa harus banyak melakukan perubahan di inti program ? atau singkatnya, bagaimana agar url aplikasi berbasis php anda ditampilkan sebagai berikut ?

Untuk menampilkan url seperti gambar diatas, sebagai langkah awal anda harus menyiapkan struktur direktori/folder sebagai berikut :

dari gambar disamping, direktori latihan merupakan root direktori (public_html), dibawahnya terdiri dari beberapa direktori, yaitu direktori admin untuk menyimpan script-script keperluan administrator,images untuk menyimpan file gambar, calender untuk menyimpan script kalender, dan direktori modul untuk menyimpan modul-modul yang akan kita buat untuk aplikasi web kita, dari contoh disamping terdapat modul download, faq, guest dan lain-lain dimana masing-masing nama mempunyai fungsi sesuai namanya (untuk penamaan terserah anda).

Setelah anda menyiapkan direktori tersebut buatlah file index.php berikut kosmetik tampilannya sesuai dengan selera anda, dan pada bagian inti yang akan menampilkan isi dari aplikasi tambahkan script berikut :

Untuk membuat link ke modul tertentu, buatkah hiperlink dengan format sebagai berikut :
<a href=index.php?mod=guest&task=view>Buku Tamu<a>, sehingga pada saat anda mengarahkan mouse pada hiperlink Buku Tamu akan tampil :
http://www.situsanda.com/index.php?mod=guest&task=view, namun script tersebut tidak akan menampilkan apa-apa jika di direktori guest pada direktori modul tidak ditemukan file view.php

Jadi pada gambar ketiga, cara kerjanya adalah pada saat anda mengklik hiperlink yang dibuat seperti diatas, maka script akan memeriksa apakah ada file view.php di modul guest? jika anda maka akan menjalankan script :
require_once(“./modul/guest/view.php”), jika tidak ditemukan file View.php di modul direktori guest, maka dalam hitungan 0,1 detik halaman web akan direfresh ke file index.php.

You may have missed