October 24, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

File Alias di PHP

Bahasa pemrograman apa yang familiar di telinga anda ? php, asp, java for web, ajak, cgi ? dari mana anda tahu kalo script tersebut dibangun dengan php. asp,java for web, ajak atau cgi bahkan html murni ? saya yakin akan mengetahuinya dari baris url yang ada pada browser, sperti terlihat pada gambar dibawah ini :

Dari URL tersebut diketahui kalo web tersebut dibangun dengan menggunakan PHP,tapi pernahkan anda lihat alamat url berikut ini :

Menggunakan bahasa pemrograman apa halaman web tersebut ? program ozs (setahu saya tidak ada bahasa pemrograman ozs, kalau bukan saya yang buat :))

File info.ozs yang diakses melalui url tersebut sebenarnya adalah file php, namun dengan sedikit melakukan perubahan di file configurasi apache (web server) maka anda bisa menciptakan file extensions sendiri sesuka anda, misal index.oya, index.web, dan lain sebagainya. Teknik itu didalam web server disebut dengan file alias, artinya kita membuat file alias dari index.php menjadi index.ozs (dan semacamnya tergantung keinginan kita), apa tujuannya, hal ini ditujukan untuk keamanan dan memproteksi file-file php dari infeksi virus, seperti beberapa worm dari varian VBS.Redlof.A, B, C, dan worm lainya.

Bagaimana cara melakukan seting pada web server untuk melakukan pembuatan file alias ? Saya menggunakan XAMPP, jika anda menggunakan web server lain seperti PHPTriad mungkin cukup membuka file httpd.conf, sedangkan untuk pengguna XAMPP / LAMPP seperti saya buka file mime.types yang berada di folder apache\conf\, kemudian tambahkan baris berikut :


(ekstension ozs, silahkan ganti dengan yang anda inginkan). Setelah itu simpan dan restart webserver anda, dan buatlah file php dengan ekstension yang telahanda tentukan (misal test.ozs), dan akses dari browser dengan alamat http://localhost/test.ozs. Selamat mencoba !

You may have missed