October 15, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

Blokir Acces Ke Control Panel

Hampir dua minggu lebih menginstal ulang 40 komputer di laboratorium SMK N 2 Kuningan, sungguh melelahkan sampai-sampai blog ini tidak diisi posting .. boro-boro chating… pusing.

Dari sekian banyak koomputer yang dinstal ulang, permasalahan yang ditemukan adalah klasik, diantaranya :

  1. Virus, worm dari IRC
  2. Seting Desktop yang macam-macam mulai dari backgroud, screensaver, apperance, dll.
  3. Banyak software-software yang tidak diharapkan terinstall malah bercokol di PC

Terpaksa harus di format ulang dengan melakukan beberapa pemblokiran terutama terhadap akses ke Control Panel.
Setelah tiga minggu berjalan alhamdulilah tidak ada yang neko-neko, kalau pun ada tinggal restore aja pake system restore.
Berikut adalah konfigurasi untuk PC di lab :

  • Install Norton AV 2003 langsung update seminggu sekali
  • Install Spyware Remover Pake AD AWARE 2007, update seminggu sekali
  • Buat user accout dengan nama siswa (misalnya) dengan tipe LIMITED ACCOUNT,  adapun caranya, buka control panel pilih user account, pilih Change the way user logon or of (lihat gambar), hilangkan tanda ceklist pada semua pilihan yang ada, kemudian klik apply.

Gambar 1
Gambar 2

  • Pada gambar 1 Pilih Create a New Account, ketik nama nya, kmudian pilih type account nya. (lihat gambar) Gambar 3Gambar 4
  • Sekrang log of dari administrator dan login ke account yang dibuat diatas misal siswa caranya klik strart turn off/shutdown pilih log off administrator, klik OK
  • Sekarang anda telah login sebagai siswa (limited account), ubah seting desktop sesuai dengan yang diharapkan misal screen saver di non aktifkan, background di none kan apperance nya winddows clasic, kilk apply, dan log off dari user siswa dengan cara yang sama pada saat log off dari administrator (lihat langkah sebelumnya).
  • Anda login lagi sebagai administrator, kemudian kita blokir akses ke control panel, klik start — > Run, ketik gpedit.msc klik ok atau tekan enter , maka akan tampil gambar berikut :
  • DAri Tampilan diatas pilih User Configuration –> Administrative Templates –> Control Panel, Double Klik Prohibit access to the Control Panel, ubah setingnya supaya menjadi Enable, terus pilih yang lainnya supaya menjadi disable, kecuali, Force classic Control Panel ubah ke Enable, seetelah selesai, tutup windows group polices editor, kemudian logout dan login kembali sebagai siswa (limited account):
  • Sekarang anda di dekstop account siswa, tidak dapat membuka control panel, atau mengubah screen sever dan lainnya, keculai background masih bisa diubah dari browser internet explorer dengan memilih klik kanan pada gambar dan pilih set as destop background, atau melalui program pengolah image, misal paint dengan memilih menu file set as backgrountd. Cara ini bisa kita blokir cara sebagai berikut:
    1. Klik start –> Run
    2. Ketik regsvr32 /u shimgvw.dll tekan enter
    3. Selesai, silahkan anda buka intenet explorer yang mengandung image kemudian klik kanan cek apakah menu set as desktop background nya non aktif ? kalau ya berarti sukses, begitu juga pada program pengolah gambar coba cek..

You may have missed