Memasuki ajaran baru sempet bingung juga, soalnya diminta untuk mengajar mata pelajaran teknik komputer jaringan untuk anak-akan kelas 3 di SMK Negeri 2 Kuningan. Yang menjadi permasalahan adalah waktu dan kurikulum yang kurang pas. Kurikulum kelas mata pelajaran TKJ kalo dirunut berdasarkan peta kurikulum ada sekita 16 modul yang harus dipelajari, sementara alokasi waktu yang diberikan hanya di kelas 3. Jadi bingung mau ngasih dasar nya saja tanggung, mau langsung ke praktek belum ada peralatan, mungkin juga anak-anak bisa bingun. Akhirnya kurikulum tersebut dimasukan ke mata pelaajran KKPI, dimana materi yang diberikan hanya pengenalan dan pegelolaan file/dokumen/printer melalui jaringan komputer.
Sementera itu saya tidak jadi ngajar jaringan, sekarang saya dikasih tugas mengajar akuntansi biaya. Lebih tenang mengajar mata pelajaran akuntansi biaya, karena tidak perlu banyak alat yang dibutuhkan, hanya sebuah kalkulator, buku dobel folio dan ballpoint. Untuk mata pelajaran jaringan saya cukup jadi pendamping guru mata pelajaran KKPI, kalo-kalo mereka kesulitan dalam hal menerangkan teknik jaringan dan prakteknya.
puihhhhh …. cape…
Sebagai guru produktif Teknik Komputer Jaringan, sebenarnya saya sangat tertantang untuk terus berkembang kang. Masalah peralatan sebetulnya bisa ditangani dengan beberapa aplikasi virtual yang diberikan khusus kepada instructur/cisco student. Jadi dengan aplikasi2 tersebut siswa lebih mudah memahami dan waktu peyampaian jadi lebik efektif.
ok trims saranya Pak. bravo