October 15, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

Salah Kaprah Tentang Anti Virus

Sejak kapan sih Indonesia dijangkiti oleh virus komputer ? tidak ada sumber jelas sejak kapan Indonesia terjangkiti virus komputer, yang jelas sejak komputer masuk ke Indonesia, virus virus masuk melalui media penyimpanan , kala itu disket lah yang sering banyak dipake dan sering jadi sasaran penularan virus.. seingat penulis virus yang populer sewaktu penulis kelas 1 SMEA diantaranya yaitu virus I Love U, virus mechelangelo, virus boot sector, dan semua nya dapat dibasmi dengan mudah oleh anti virus pada zaamannya seperti norton av for dos, dan antivirus lainya.

Lalu apa sih virus itu ? menurut yang saya kutip di wikipedia :

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali. Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer (terutama pada sistem operasi , seperti sistem operasi berbasis keluarga Windows (Windows 95, Windows 98/98SE, Windows NT, Windows NT Server, Windows 2000, Windows 2000 Server, Windows 2003, Windows 2003 Server, Windows XP Home Edition, Windows XP Professional, Windows XP Servicepack 1, Windows XP Servicepack 2) bahkan GNU/Linux. Efek negatif virus komputer terutama adalah perbanyakan dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti CPU Time, penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% Virus adalah virus komputer berbasis sistim operasi Windows. Sisanya, 2% menyerang Linux/GNU (dan Unix, sebagai source dari Linux, tentunya), 1% menyerang Mac terutama Mac OS 9, Mac OS X (Tiger, Leopard). 2% lagi menyerang sistim operasi lain seperti FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan perangkat lunak antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer, asalkan basis data virus komputer yang dimiliki oleh perangkat lunak antivirus telah mengandung kode untuk menghapus virus tersebut.

nah jelas kan, untuk memblokir nya kita perlu antivirus,  banyak antivirus pilihan, apalagi negara kita negara pembajak kelas kakap jad ga sulit deh nyari antivirus, cuma ada salah kaprah tentang antivirus.. salah kaprah d imana ? ya disini :

  • Salah kaprah yang pertama ; Pengguna antivirus tidak / kurang mengerti tentang update virus.. jadi secanggih apapun kalo antivirus tidak di update, ya percuma lah layaknya sebuah senapan M16 tanpa diisi peluru, dari luar gagah ternyata kosong…, jadi perhatikan database virusnya di update terkahir tanggal berapa. Kesalahan yang terjadi di masyarakat terlihat seperti ini, misal untuk kasus virus brontok dapat dicegah dengan AVG anti virus, kemudian menyebar berita tersebut, dan terciptalah sebuah asumsi bahwa brontok mampu dibasmi dengan AVG, atau dengan Norman AntiVirus,  atau oleh software-sofware virus removal yang banyak beredar. Padahal brontok yang beredar memiliki varian diantaranya W32/Brontok-AJ, W32/Brontok-L, W32/Brontok-W, W32/Brontok-D, W32/Brontok-S, dan W32/Brontok.Mybro. Mungkin saja AVG mampu memblokir varian W32/Brontok-AJ  sementara yang lainnya belum, kok belum ? karena AVG belum di-update untuk mengenali semua varian virus maka update lah antivirus anda….dari kasus ini tidak jarang terbentuk sebuah fanatisme terhadap antivirus..hal ini tidaklah salah, karena penulis pun menjadi fanatis terhadap Norton Antivirus, sah sah saja orang lain mau fanatis terhadap AV yang lain..
  • Salah kaprah yang kedua ; Pengguna antivirus yang sudah merasa kehabisan cara untuk membasmi antivirus mengambil langkah akhir dengan memformat hardisk mereka.
  • Salah kaprah yang ketiga ; Kurangnya minat baca terhadap cara kerja virus yang menyerang komputer nya, padahal artikel-artikel yang membahas virus dan cara kerjanya banyak beredar di internet, misal vaksin.com atau symantec.com jadi sebelum membasmi virus, pelajari karakteristiknya dulu baru lakukan pembersihan tentunya dengan antivirus yang sudah di-update.

Dan saya kira masih banyak salah kaprah tentang antivirus, tapi dari sekian yang ada tiga hal diatas yang paling salah kaprah.. untuk itu saya sebagai pengguna norton memberikan sedikit bantuan untuk meng-update norton anda silahkan klik menu norton update di samping kiri atau klik disini

You may have missed