October 24, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

Microsoft Word Rentan Terkena Virus !

ms wordSeberapa sering anda menggunakan microsoft word ? seberapa sering anada terkena virus ? adakah korelasi antara penggunaan MS Word dengan terinfeksi virus?
memang belum ada penelitian yang menyatakan ada korelasi antara pengunaan ms word dengan terinveksinya komputer kita, yang jadi patokan hanyalah bahwa pembuat virus memiliki asumsi bahwa program aplikasi word proccesor / pengolah kata yang paling banyak digunakan adalah MS WORD !!, oleh karena itu para pembuat virus berlomba membuat virus menggunakan kelemahan apliaksi MS word juga kelengahan para pengguna MS Word.
kelengahan ? disebelah mana lengahnya para pengguna MS word ? sehingga mereka kecolongan mengeksekusi virus pada saat membuka file MS word milik mereka. untuk jelasnya coba perhatikan gambar dibawah ini !

virus menyerupai folder - kasus virus brontok

Pada gambar diatas, tampak sekilas bahwa di windows explorer tersebut adalah folder, padahal sebenarnya objek yang menyerupai folder tersebut adalah virus !, kasus diatas biasanya diserang oleh virus brontok dan variannya, dimana pengguna dikelabui oleh virus. Jika user menghapus atau mengklik objek tersebut maka virus sebenarnya dieksekusi dan aktiflah virus tersebut.

Sedangkan pada kasus virus leena (baca Virus Lenna), User dikelabui dengan cara disuguhi file virus yang menyerupai file MS Word, padahal sesungguhnya file tersebut adalah virus, coba perhatikan gambar dibawah ini
virus menyerupai File MS word

Jika menghadapi situasi semacam ini, jangan pernah mengutak atik virus tersebut apalagi men-delete-nya, berarti anda mengeksekusi virus tersebut !…
prinsipnya adalah kehati-hatian dalam membuka sebuah file apakah itu file atau folder betulan atau kamuflase virus ? kalo udah yakin itu virus anda tinggal melakukan scaning virus…
Bagaimana agar document ada tidak terkena virus.. jalan extreem adalah jangan menggunakan MS Word untuk mengolah dokumen, gunakan openoffice.org sebagai pengolah kata. Jika anda terlanjur sayang denagn MS Word dan tak bisa pindah kelain hati, anda bisa tetap menggunakan word tetapi jangan pernah menyimpan dokumen sebagai file word (*.doc), simpan dokumen anda sebagai file rich text formated (*.rtf) dengan menggunakan menu SAVE AS, dan pilih file type ruch text formated) (*.rtf). lihat gambar !
save file dengan tipe *.rtf

You may have missed