October 24, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

Membuat PDF dengan PHP

Selama ini mungkin anda berfikir bahwa untuk membuat file PDF, diperlukan software khusus, selama itu juga saya berfikiran seperti itu, sampai berbagai cara saya lakukan ..dari mulai menggunakan sotware PDF Maker seperti PDF Achine dll, sampai menggunakan OS linux.
Jika menggunakan software pembuat PDF ada kekurangan yaitu di file PDF yang kita buat akan tercantum stempel software pembuatnya, padahal kita ingin agar dokumen yang kita buat bersih dari embel-embel yang bernada promosi.
Jalan terakhir yang membuat saya agak puas adalah dengan menggunakan LINUX, semua dokumen yang kita buat dibuka di openoffice kemudian di save as dengan format PDF.
Namun timbul lagi permasalahan pada saat saya membuat software yang berbasis web (PHP + Mysql) dan asumsi klien menggunakan OS Windows, maka jika saya ingin mencectak file PDF, mau tidak mau saya / user menggunakan Virtual Printer/ Softwate PDF Maker, dan lagi-lagi di dokumen PDF hasil cetakan tertera dan cukup menggangu logo dan informasi mengenai pembuat software PDF tersebut {sial….! :)}.
Akhirnya saya mendapat masukan dari seorang sahabat ; “Kang Dede Irawan” , untuk membuat file PDF cukup dengan menggunakan library yang dibawa oleh PHP itu sendiri, dan dianjurkan dengan menggunakan PHP versi 5, atau kalo tidak mau report gunakan XAMPP sebagai web server (sama dengan PHPTRIAD namun lebih lengkan) untuk jelasnya silahkan kunjungi situs resminya di XAMPP APACHE FRIENDS.
Pada XAMPP ada dua library yang dapat digunakan sebagai pembuat PDF yaitu lib PDF dan FDPF, namun menurut penulis yang lebih mudah dan simple adalah FDPF, silahkan anda download. Tutorial dan Dokumentasi-nya disertakan pada folder “./PHP/pear/FDPF/Doc”.

You may have missed