October 15, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

VNC / RDC

Mahluk Apakah Gerangan ?

VNC (Virtual Network Computing) adalah system yang memungkinkan untuk berbagi dekstop (dektop sharing) yang menggunakan  protokol RFB (Remote FrameBuffer)untuk mengendalikan komputer lain secara  remote. Penekanan tombol dan gerakan mouse ditransmisikan dari komputer satu ke komputer lain secara melalui sebuah jaringan. Teknologi VNC dipakai oleh microsoft pada windows-nya dan diimplementasikan dalam sebuah aplikasi yang disebut Remote Desktop Connection.
VNC merupakan sebuah program/aplikasi yang bebas dari sistem operasi, sebuah VNC Viewer dalam suatu sistem operasi dapat terhubung ke sebuah VNC server yang menggunakan sistem operasi yang berbeda. Jadi hal ini memungkinkan anda untuk membuka layar server linux di dalam microsof windows atau pun sebaliknya. Ada banyak client dan server untuk hampir semua sistem operasi dan Java. Multi Klien dapat terhubung ke VNC server dalam waktu yang sama.  

Teknologi ini populer untuk digunakan sebagai technical support secara remote/jarak jauh, dan untuk mengakses komputer ti tempat kerja anda dari komputer di rumah anda.

VNC resminya dikembangkan oleh AT&T. Kode sumber VNC, aslinya bersifat terbuka dibawah linsensi GNU, sekarang banyak sekali varian dari VNC, diantaranya :

RealVNC

TightVNC

http://ultravnc.sourceforge.net/

dan masih banyak VNC-VNC lainnya, Saat ini yag penulis gunakan untuk me-remote salah satu server dari komputer penulis adalah TightVNC, selain ringan, karena ukurannya yang kecil, juga bebas biaya/ FREEWARE. Untuk men-download-nya  silahkan  klik disini. Yang perlu anda download adalah file tightvnc-1.2.9-setup.exe, yang akan digunakan dan diinstal di komputer server/komputer yang akan kita remote, dan yang kedua adalah tightvnc-1.2.9_x86_viewer.zip, yang akan kita gunakan di komputer klien sebagai penampil layar/desktop server VNC.

Untuk dokumentasi lengkapnya silahkan anda kilik disini atau disini

You may have missed