October 18, 2021

Log Of Oyazhuryachna

Blog berbagi resource programming

Membuat web log / web site gratisan..

Web log atau web site pada dasarnya adalah sama. web log merupakan web site dimana content nya adalah catatan dan artikel dari si pemilik web log, artkel-artikel yang diposting bisa dikomentari oleh si pengunjung web log, sementara web site merupakan situs yang tidak hanya berisi artikel tetapi lebih dari itu, misalnya memberikan jasa pelayaan emal gratis, dsb. Jadi web log lebih simple dibanding dengan web site.

Bagi anda yang mempunyai hobi menulis, selain di miling list, anda juga bisa mempublikasikan tulisan anda di web log anda. perbedaan dengan milis, tulisan anda di milis akan langsung dikirim ke seluruh anggota milis, pada saat anda memposting tulisan anda, sedangkan tulisan di weblog hanya akan ditampilkan di web log anda, jadi jika anda menginginkan publikasi anda dibaca oleh orang lain, maka anda harus mempromosikan / mensosialisikan alamat/nama domain web log anda.

Keuntungan lain menulis di web log diantaranya adanya manajemen content, jika anda menggunakan content management content system (CMS) yang tepat untuk mengelola web log. Salah satu CMS yang digunakan untuk mengelola web log adalah wordpress. Jika anda menggunakan wordpress, maka persyaratan lain yang harus anda miliki adlah hosting yang menyediakan layanan PHP dan MYSQL, karena worpress berbasis PHP dan Mysql. Hosting yang anda miliki bisa hosting berbayar maupun yang gratisan.

Jika anda menggunakan jasa hosting yang berbayar, misalnya di andalan.net, idwehost.com, bestcamp.net, dll, maka anda akan memiliki kapasitas sesuai dengan biaya sewa yang anda bayarkan, dan umur hosting sesuai dengan kontrak yang disewa, fasilitas lain, dan format nama alamat domain www.DomainAnda.com, keuntungan lainnya anda akan memperoleh account email dengan format EmailAnda@DomainAnda.com

Tetapi bagi anda yang tidak memiliki dana untuk menyewa jasa hosting, anda bisa mendaftar di penyedia jasa hostingh gratisan, namun anda harus menerima web site/web log anda dipenuhi dengan banner dan iklan dari penyedia jasa hosting, dan sederet pembatasan fasilitas, misalnya :

  • domain anda menjadi subdomain penyedia jasa hosting
  • format nama tidak sesuai dengan keinginan anda
  • tidak memiliki account email
  • database mysql yang terbatas
  • bandwidth yang terbatas, dll

Berikut ini penyedia jasa hosting gratisan yang bisa anda coba.

Dari daftar diatas, jasa hosting yang cukup memuaskan adalah layanan dari orgfree.com, jika anda mendaftar maka umur hosting anda selama 16 tahun, suport PHP+Mysql, control panel, bebas banner dan iklan. (bukitnya web log ini saya hosting di orgfree.com)

Nah setelah anda mendownload wordpress dan memilih hosting yang tepat untuk anda, selanjutnya adalah melakukan instalasi wordpress. (akan dibahas pada artikel selanjutnya).

Jika anda tidak mau repot dengan proses download, pencarian jasa hosting, dan isntalasi, anda bisa langsung mendaftar ke web site penyedia jasa web log, salah satunya blogspot.com, jika anda mendaftar disana, maka alamat web log anda adalah NamaWebLogAnda@blogspot.com.

Jika persiapan sudah selesai maka sekarang anda bisa mulia ber-blog, sampaikan dan curahkan ide dan pemikiran anda di web log anda, promosikan web log anda melalui milis atau daftarkan melalui mesin pencari, agar web log anda masuk ke daftar pencarian di dunia maya… selamat ber web-log…

You may have missed