Oz Log

Log Of Oyazhuryachna

Membuat Virtual Host Di XAMPP Untuk Menjalankan Laravel

Laravel saat ini merupakan salah satu framework terpopuler dengan pertumbuhan pengguna yang cukup cepat dibanding pengguna framework yang lain.

Seperti kita ketahui pada saat membuat project dengan laravel, laravel memiliki web server sendiri pada saat project diijalankan dengan perintah

php artisan serve

Dimana aplikasi laravel akan dijalankan secara default di port 8000, sehingga pada saat menjalankan aplikasi pengguna cukup mengakses URL http://localhost:8000 atau http://127.0.0.1:8000

Namun bagaimana dengan Anda yang sudah terbiasa dengan XAMPP apakah bisa menjalankan laravel dixampp seperti itu ?

Jika anda menjalankan aplikasi laravel di xampp maka URL defaultnya adalah http://localhost/project_laravel/public atau http://127.0.0.1/project_laravel/public dengan cara tersebut xampp tetap akan jalan namun akan menemukan kendala pada suatu saat misal ketika akan dijalankan di web hosting, atau ketika menjalankan form update data menggunakan parameter.

Untuk itu baiknya ketika menjalankan aplikasi laravel adalah harus mengikuti ketentuan yaitu pada root directory dengan format :

http://host_address/ (jika port 80) atau

http://host_address:port (jika port bukan 80)

Pada artikel ini akan ditunjukan bagaimana membuar virtual host di xampp agar seolah-olah aplikasi laravel berjalan diatas php artisan, berikut adalah langkah-langkahnya :

    1. Edit File httpd.conf di folder C:\xampp\apache\conf (lokasi drive sesuaikan dengan PC anda)
    2. Tambahkan script baru pada baris  60, dengan menambahkan script berikut :
      Listen 1000
    3. Edit File httpd-vhosts.conf  yang terletak di
    4. folder C:\xampp\apache\conf\extra (lokasi drive sesuaikan dengan PC anda)
    5. Tambahkan script berikut pada baris paling akhir (value dari DocumentRoot dan Directory sesuaikan dengan project laravel anda)
      <VirtualHost *:1000>
      DocumentRoot "C:\xampp\htdocs\latihan1\public"
      ServerName 127.0.0.1:1000
      <Directory "C:\xampp\htdocs\latihan1\public">
       Options -Indexes +FollowSymLinks +MultiViews
       AllowOverride All
       Require all granted
      </Directory>
      </VirtualHost>
    6. Jalankan Apache, dengan menekan tombol Start, dan perhatikan pada bagian Ports, jika timbul Port yang kita definisikan seperti tampak pada gambar dibawah ini, berarti anda sudah berhasil membuat virtual host di xampp.

      Port 1000 telah berhasil dibuat
    7. Selanjutnya buka browser dan akses aplikasi laravel anda dengan URL http://127.0.0.1:1000
    8. Sebagai catatan port yang tidak boleh digunakan adalah port standar seperti 80,21,22,443,3306 untuk mengecek port yang terpakai silahkan gunakan aplikasi nmap, penggunan virtual host ini tidak hanya berlaku untuk aplikasi yang dibangun dengan framework laravel namun untuk seluru project berbasis PHP