Oz Log

Log Of Oyazhuryachna

Tool Dasar Pengembangan Aplikasi dengan Framework Laravel

Semenjak awal 2019 perkembangan PHP semakin signifikan sejak php meluncurkan versi 7.x, dengan banyak perubahan  kearah yang lebih baik mendorong lahirnya framework-framewokk PHP modern.

Dengan banyaknya framework yang lahir tentu membingungkan pada pemula yang akan move on dari procedural programming ke framework programming karena adanya banyak pilihan framewrok yang ada. Berikut adalah gambaran framework diakhir tahun 2019 yang diambil dari website hackernoon.com

Dari grafik diatas pangsa pasar framework dikuasi oleh Laravel dengan porsi sebesar 43,7%, codeigniter masih ditempt kedua dengan versi yang sudah mulai ketinggalan zaman dan belum mengusung konsep php moder.

Berdasarkan grafik diatas sudah saatnya pada programmer mencoba untuk move on ke laravel, namun bagi sebagian besar memili banyak kendala ketika akan memulai mempelejari laravel.

Pada kesempata kali ini akan dibahas tool dasar apa saja yang diperlukan untuk menginstall laravel untuk proses pembelajaran sehingga diharapkan membantu migrasi dari prosedural atau  dari framework lain ke laravel.

Sebelum menginstall dan mempelajari laravel ada baiknya perhatikan spesifikasi hardware dan sistem operasi, karena laravel termasuk sangat ketat dalam penentuan OS dan Kebutuhan Hardware minimmm. Adapun spesifikasi minimum untuk mempelajari laravel adalah :

  • PHP versi  5.4.x rekomendasi PHP versi 7.x
  • Sistem Operasi 64 bit (Linux/Win/MacOS)
  • RAM minimal 4GB (Rekomendasi 8GB)

Berikut adalah tools dasar yang wajib anda install untuk menggunakan laravel sebagai framework php

  1. Code Editor, banyak code editor yang tersedia, namun dari sekian banyak editor penulis rekomendasikan penggunaan visual studio code, code editor ini menyatukan tiga tools dasar yaitu jendela terminal (command prompt), jendela editor dan jendela file / folder management
  2. PHP Package Manager, untuk proses instalasi laravel tidak menggunakan cara konvensional download dan extract namun proses download paket-paket laravel harus menggunakan paket manager, paket manajer yang umum dipakai untuk menginsall laravel adalah Composer, silahkan install composer setelah anda menginstal visual studi code.
  3. PHP, karena laravel merupakan framework PHP maka anda harus menginstall PHP nya proses instalasi php bisa secara manual dengan mendownload nya di https://www.php.net/downloads.php atau bisa juga menggunakan paket server seperti xampp agar lebih mudah dalam hal instalasi dan konfigurasi

Demikian tulisan tentang pengantar laravel framework, silahkan ikuti terus perkembangan blog ini untuk terus mengikuti tutorial tentang laravel.