Log Of Oyazhuryachna

Install ReactJS di Ubuntu 18.04

Selama ini kita mengenal bahasa script untuk membuat aplikasi berbasis web diantaranya PHP, ASP, dan JSP seiring dengan perkembangan teknologi bahasa script untuk pemrogaman web kian beragam salah satu yang cukup signifikan perkembangannya adalah javascript.

Dimungkinkan untuk kita membangun web menggunakan javascript namun butuh waktu yang extra mengingat kita harus membuat segala sesuatunya dari nol. Maka dari itu banyak para programmer javascript yang menciptakan javascript framework library diantaranya, angularJS, reactJS, Jquery, Backbone.JS, RxJS, Vue.JS, ember.JS dan masih banyak lagi.

Agar tidak bingung memilih framework mana yang mau dipelajari, tipsnya adalah pilih framework library yang tingkat kematangannya tinggi, penggunanya banyak dan dikembangkan oleh vendor yang sudah ternama dalam hal pengembangan framework tersebut, dan yang utama konsentrasi di satu framework tidak mempelajari semua nya namun tidak menghasilkan apa-apa.

Dalam tulisa kali ini penulis akan membahas salah satu framework yang sudah cukup matang yaitu ReactJS, reactJS sendiri digunakan oleh facebook untuk mengembangan frontend user nya jadi reactJS merupakan produk yang dikembangkan oleh Facebook, siapa yang tak kenal facebook.

Berikut adalah langkah-langkah instalasi ReactJs di Ubuntu 18.04

1. download NodeJS

curl -sL https://deb.nodesource.com/setup_12.x | sudo -E bash -

2. Install NodeJs

sudo apt-get install -y nodejs

3. Install NPM (node package manager)

sudo apt-get install npm

4. Update NPM (Node Paket Manager)  ke versi stabil atau terbaru

sudo npm install npm@latest -g

5. Install Create-React-App Tool

npm install -g create-react-app

Jika sudah mari kita ujicoba membuat project baru dengan reactJS, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan setiap membuat project baru dengan reactJS

1. Buat Project baru dengan nama projct-baru

create-react-app project-baru

2. Tunggu langkah pembuatan project-baru tersebut, jika sudah maka akan terbentuk direktori baru denga nama sesuai project nya yaitu project-baru, silahkan masuk ke direktory project-baru

cd project_baru

3. Kemudian coba jalankan project baru dengan perintah seperti berikut :

npm start

4. Untuk mengujinya silakan buka browser dan arahkan url ke alamat http://localhost:3000, jika sukses maka di browser akan tampil halaman react pertama anda. Selamat anda sudah berhasil menginstall react di linux, jika berhasil maka akan tampak seperti berikut :

One thought on “Install ReactJS di Ubuntu 18.04

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.