Log Of Oyazhuryachna

Membuat Breadcrumb Dinamis dengan PHP dan MySQL

Breadcrumb….apa itu breadcrumb ? breadcrumb secara sederhana diartikan sebagai navigasi pada halaman web untuk membantu pengunjung yang menunjukan lokasi dimana dia sedang aktif dalam halaman web site tersebut. Breadcrumb bisa dimanfaatkan untuk menunjukan kategori sebuah artikal atau folder dimana sebuah file disimpan. Untuk lebih jelasnya perhatikan video demo dibawah ini :

Untuk lebih jelasnya dalam tulisan kali ini penulis akan  mencontohkan membuat breadcrumb untuk aplikasi filemanager sederhana dimana dalam aplikasi tersebut akan terdapat objek berupa folder dan setiap folder bisa berisi folder lain (sub folder).

Langkah pertama : Buat database di mysql dengan nama filemanager, dan sebuah tabel dengan nama filemanager_kategori, dengan struktur sebagai berikut :

Langkah kedua : Membuat stored procedure dengan nama sp_breadcrumb untuk mengenerate breadcrumb, adapun script stored_procedure nya adalah sebagai berikut :

Jika belum memahami tentang stored procedure silahkan baca artikel tentang membuat stored procedure mysql  baca [disini] dan tentang bagaimana menjalankan stored procedure mysql di codeigniter baca [disini].

Langkah ketiga : Import data contoh, adapun datanya adalah sebagai berikut :

Langkah keempat : Buat file koneksi.php dengan script seperti berikut :

Langkah kelima : buat file fungsi.php, pada file ini terdapat dua fungsi yaitu fungsi untuk men-generate breadcrumb dan fungsi untuk menampilkan anggota dari breadcrumb, adapun scriptnya :

Langkah keenam : langkah terakhir adalah membuat file index.php adapun scriptnya adalah sebagai berikut :

Selanjutnya silahkan dijalankan. Sebagai bahan latihan silahkan download script selengkapnya pada link download dibawah ini !

DOWNLOAD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *