Log Of Oyazhuryachna

Membuat Pivot Tabel Dinamis di CodeIgniter dengan Stored Procedure MySQL

Sebelum menjelaskan lebih jauh, artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya tentang pivot tabel dinamis di MySQL, pada kali ini penulis akan mencontohkan penggunaannya pada codeigniter. JIka anda perhatkan pada video pembuka ketika belum ada siswa yang melakukan pendaftaran maka data akan kosong sama sekali, namun ketika ada siswa yang membayar satu jenis tagihan maka otomatis seluruh data siswa akan ditampilkan plus dengan jenis pembiayaan yang telah dibayar oleh siswa yang pertama kali membayar, ketika ada pembayaran berikutnya baik oleh siswa yang sama atau siswa yang berbeda namun berbeda jenis pembiayaan, maka akan terdapat satu kolom baru jenis pembiayaan dengan berisi nominal rupiah yang terisi pada perpotongan kolom jenis pembayaran dan baris siswa yang membayarnya, inilah yang penulis maksud dengan pivot tabel dinamis dalam keseharian orang awam sering menyebutnya dengan tabel rekapitulasi, sebelumnya penulis pernah menulis tentang pivot tabel statis silahkan baca diartikel ini.

Ok jika anda pembaca sekalian sudah tidak sabar bagaimana membuatnya berikut langkah-langkahnya :

Fahami dan ikuti langkah-langkah persiapan membuat database, tabel, view dan stored procedure yang dibutuhkan untuk praktek kali ini di artikel sebelumnya.

  1. Download codeigniter, extract di htdocs
  2. Seting config.php, database.php, serta library dan helper yang dibutuhkan (penulis menganggap anda sudah memahami dasar konfigurasi CodeIgniter), berikut adalah library dan helper pada potongan autoload
  3. Edit file routes.php dan arahkan default_route ke pivot_tabel
  4. Buat controller Pivot_tabel dengan cara membuat file pivot_tabel.php di folder controllers
  5. Buat model M_pivot_tabel dengan cara membuat file m_pivot_tabel.php di folder models
  6. Buat view v_pivot_tabel dengan cara membuat file v_pivot_tabel.php di folder views
  7. Untuk mempermudah pemahaman, silahkan download script yang sudah jadi !

DOWNLOAD VIA GOOGLE DRIVE

DOWNLOAD VIA DROPBOX

, , , , ,

14 thoughts on “Membuat Pivot Tabel Dinamis di CodeIgniter dengan Stored Procedure MySQL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *