Log Of Oyazhuryachna

Membuat Fitur Backup Database dengan CodeIgniter

Ada beberapa cara untuk mem-backup database, hal yang paling umum adalah dengan melakukan proses export melalui mysql client baik phpmyadmin maupun mysql client tool lainnya.

Bagaimana seandainya di aplikasi yang kita bangun memiliki fitur backup database, sehingga ketika akan mem-backup tidak perlu menjalankan mysql client tool apa pun, cukup login ke aplikasi yang kita buat kemudian meng-klik menu backup data (misal), sebagai gambaran perhatikan screenshoot dibawah ini !

backup_with_ci

Dari contoh diatas terdapat tombol backup, ketika kita akan membackup database maka cukup menekan tombol / menu backup tersebut, sehingga ketika di klik akan tampil kotak dialog download seperti berikut :

backup_ci_1

Ketika disimpan filenya berupa file zip dan ketika di extract isinya adalah file sql yang bisa kita import / restore dikemudian hari.

Bagaimana membuatnya ??? berikut langkah-langkahnya :

Pastikan database driver yang digunakan adalah mysql, dengan cara mengedit file database.php di folder application/config

db_driver_ci

JIka dbdriver selain mysql maka proses backup tidak bisa dilakukan !

Berikutnya buat controller untuk menjalankan proses backup, dengan cara buat controller misal dengan nama utilitas.php dengan satu fungsi yaitu backup, lihat scriptnya berikut ini !

Untuk menjalankannya buat komponen untuk mengkasesnya dalam hal ini penulis menggunakan tag <a href=””></a>, berikut script view secara lengkap (perhatikan baris 84-86 untuk membuat tombol backup)

Kesalahan yang akan tampil jika tidak menggunakan mysql sebagai dbriver-nya adalah seperti berikut :

error_backup_db

Selamat mencoba !

, ,

2 thoughts on “Membuat Fitur Backup Database dengan CodeIgniter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *