Log Of Oyazhuryachna

Membuat Subquery dengan CodeIgniter

Salah satu fungsi subquery adalah untuk membandingkan isi sat tabel dengan tabel yang lain apakah data yang dimaksud terdapat di tabel yang lain atau tidak.

Untuk memudahkan pemahaman berikut salah satu contoh penggunaan subquery. Jika penulis memiliki sebuah tabel dengan nama tabel_anggota dengan struktur sebagai berikut  :

struktur_tbl_anggota

dan satu tabel lain dengan nama tabel_anggota keluar, dengan struktur seperti berikut :

struktur_tbl_anggota_keluar

Berdasarkan kedua tabel diatas penulis ingin mencari data anggota yang aktif artinya mengambil data anggota yang no anggota nya tidak terdaftar di tabel_anggota_keluar, secara umum query nya adalah sebagai berikut :

subquery_native_php

Apabila kita membangun aplikasi dengan PHP secara native tanpa framework sangat mudah melakukannya hanya dengan perintah diatas bisa dilakukan, namun bagaimana jika kita menggunakan Framework CodeIgniter ??

Codeigniter sampai artikel ini ditulis penulis belum menemukan fitur yang mensupport subquery (termasuk di userguide versi 2.2.0), meskipun terdapat libraries tambahan yang bisa anda tambahkan kedalam codeIgniter namun hanya men-support CodeIgniter v. 1.7.x sampai v.2.0.2 yang bisa anda download di github.com jadi mau tidak mau kita harus membuat model sendiri nah berikut penulis membuat contoh kasus dari kasus diatas sehingga model yang dibuat adalah sebagai berikut :

subquery_fw_ci

Silahkan download contoh aplikasinya.

DOWNLOAD

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *