Log Of Oyazhuryachna

Membuat File Instalasi Untuk Aplikasi Berbasis Web

Apa perbedaan mendasar dalam hal antara aplikasi web dengan aplikasi berbasis desktop ? ya … instalasi untuk menginstal aplikasi desktop biasanya menjalankan file setup.exe atau install.msi apabila menggunakan OS windows, namun bagaimnana jika aplikasi nya adalah berbasis web seperti yang penulis berikan dalam contoh-contoh sebelumnya.

Hampir sama sekali tidak melakukan instalasi hanya mengcopy ke folder htdocs dan merubah file koneksi atau apapun namanya untuk mengisi paramater database apabila menggunakan database.

Sebagai contoh beberapa cms besar seperti wordrpess, joomla, mambo lainnya memiliki file instlasi. Nah pada kali ini penulis akan memberikan sedikit gambara bagaimana membuat file instalasi di php, untuk jelasnya download filenya :

DOWNLOAD

Langkah berikutnya :

1. Extract kedalam htdocs

2. jalankan http://localhost/php_apps

3. Aplikasi akan mengecek apakah file config.php telah ada atau belum, jika belum maka dalam waktu 10 detik akan dibawa ke form instalasi

4. Form Instalasi, isi parameter yang diminta oleh aplikasi

5. Dari gambar diatas klik next, kemudian secara otomatis akan membuat file config.php dan membuat database serta tabel-tabel yang dibutuhkan oleh aplkasi, pada bagian ini silahkan tentukan tabel-tabel lain yang akan anda otomatiskan, jika sukses akan tampak verifikasi dan dalam 10 detik akan dialihkan ke halaman login

9 thoughts on “Membuat File Instalasi Untuk Aplikasi Berbasis Web

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *