Log Of Oyazhuryachna

Uninstall Program di Wine

Wine merupakan aplikasi ubuntu yang mengemulsi sistem operasi windwos di linux sehingga anda bis usah menginstall aplikasi tertentu di windows tanpa harus meninstall windows, dalam hal ini penulis menggunakan wine untuk menginstall Microsoft Office dan beberapa aplikasi yang didukung oleh wine.

Karena tidak semua aplikasi windows bisa berjalan mulus di Wine maka mau tidak mau kita harus melakuan uninstall agar di wine tidak  bertebaran aplikasi yang gagal install, saat ini mudah untuk melakukan uinstalasi aplikasi windows di wine, namun masalahnya setelah berhasil di uninstall, pada menu program di start menu wine, shortcut aplikas yang di uninstall tidak otomatis terhapus.

Untuk membersihkan sisa-sisa hasil uninstall program di wine harus dilakukan secara manual, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai beriikut :

  1. buka file manager

  2. Pada bagian lokasi masuk ke direktori /home/username/.local/share/applications/wine/Programs dalam hal ini username ganti dengan username anda, pada contoh diatas username penuli adalah ozs.
  3. Selanjutnya akan ditampilkan daftar folder dan shortcut yang terinstall di start menu Wine, untuk meng-uninstall dari start menu cukup menghapus secara manual dengan menekan tombol delete.
  4. Hanya itu , sekarang cek di bagian start menu Wine di linux !

One thought on “Uninstall Program di Wine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *