Log Of Oyazhuryachna

Contoh Aplikasi Pengelolaan Persediaan Barang dengan PHP & MySQL

Sudah lama rasanya tidak mem-posting contoh scipt php dan mysql, selama ini masih terbuai oleh linux ubuntu yang bersarang di Netbook kesayangan. Ok kali ini saya akan berbagi contoh script pemrograman php dan Mysql, kali ini contoh kasus adalah contoh pengelolaan barang, dimana pada script ini user dibagi menjadi 3 level yaitu bagian pembelian, bagian penjualan dan manajer, berikut adalah screenshoot aplikasi pengelolaan persediaan :

User dan Passwor yang digunakan untuk mengakses aplikasi ini adalah :

1. user : divpembelian   — pass : 123

2. user : divpenjualan — pass : 123

3. user : managerial — pass : 123

Untuk mempelajarinya silahkan download contoh aplikasi pengelolaan barang !

DOWNLOAD

, ,

107 thoughts on “Contoh Aplikasi Pengelolaan Persediaan Barang dengan PHP & MySQL

  • heru says:

    thx nih bahan tuk nambah ilmu

  • akaelz says:

    pak kok ga bisa di download ya?

  • Raden Chopin says:

    wah script loginnya pake session ..
    100% work .. thanks ya ..

  • endra says:

    mass help me
    aq baru belajar buat aplikasi dgn php dan memakai dreamweaver utk editornya…cuma aq mentok saat mau buat agar saldo akhir bulan lalu jadi saldo awal bulan ini…

    please help ini emailku endra_plldps@yahoo.com boleh minta no hp atau pin ??

  • Lody says:

    bro thanks da kasi scrip yg keren2,,, minta bantuan ya kirim buat sy aplikasi wordpres, mau belajar buat web nie.. thaks be4r

  • coco says:

    mas. sy baru belajar nih, udah download trus bukanya pakai apa ? sorry newbie lagi mo belajar apa install mysql dulu ? buat databasenya gimana ?

    • admin says:

      @coco :
      1. install xampp
      2. buat folder persediaan di c:\xampp\htdocs
      3. ekstract file yg di download ke folder persediaan
      4. Import script sql menggunakan phpmyadmin

      • reski says:

        gan kok tampilanya berantakan ya setelah login….. gmana gan ini solusinya xampp ane versi 1.7

      • Husin says:

        Selamat Pagi,

        Sy baru belajar php, kemudian sy coba2 script dari mas.
        perintah 1 s/d 3 sudah dilaksanakan dan berjalan dengan baik,
        problemnya di perinta no 4? script yang mana yang harus di import?
        Mohon bantuaanya?

        Husin

        • admin says:

          yang ekstensi nya .sql

          • Husin says:

            Maaf Mas…

            Saya import script sql menggunakan phpmyadmin ada informasi error seperti dibawah ini:

            Error

            SQL query:


            – Database: `persediaan`

            – ——————————————————–

            – Table structure for table `tblbarang`

            CREATE TABLE IF NOT EXISTS `tblbarang` (
            `IDBarang` char( 9 ) NOT NULL ,
            `IDSupplier` char( 6 ) NOT NULL ,
            `NamaBarang` varchar( 55 ) NOT NULL ,
            `Jenis` varchar( 50 ) NOT NULL ,
            `Harga` int( 11 ) NOT NULL ,
            `PhotoBrg` varchar( 200 ) NOT NULL ,
            `Jml_min` int( 11 ) NOT NULL ,
            `Jml_max` int( 11 ) NOT NULL ,
            PRIMARY KEY ( `IDBarang` )
            ) ENGINE = MYISAM DEFAULT CHARSET = latin1;

            MySQL said: Documentation
            #1046 – No database selected

            Husin

          • admin says:

            database persediaannya belum di klik, jadi sebelum memilih import, buat dulu database persediaan, kemudian lakukan import

  • didik says:

    siip .. mohon izin download dan modifikasi script nya

  • alvi says:

    gan pasword untuk masuk aplikasi apa ya??

  • alvi says:

    gan, pass untuk masuk pertama apa ya??

  • irfan says:

    maaf gan izin pakai aplikasinya untuk tugas..ada yang saya ingin tanyakan gan, data stock barang kok ngga muncul semua ya?harusnya kan ada banyak daftar stock barang tapi yang muncul cuman 2..mohon penjelasannya gan
    mohon dibalas secepatnya ya gan soalnya bsk tugasnya dikumpulin..makasih gan

  • fakhri says:

    gan…kok berantakan ane udh menggunakan firefox versi 17 dan menggunakan wamp server 2.2 tapi aplikasi tetep berantakan dan erorr :
    1. Warning: mysql_connect() [function.mysql-connect]: Access denied for user ‘root’@'localhost’ (using password: YES) in C:\wamp\www\persediaan\config.php on line 6

    2. Warning: mysql_select_db() expects parameter 2 to be resource, boolean given in C:\wamp\www\persediaan\config.php on line 7

    3. Notice: Use of undefined constant submit – assumed ‘submit’ in C:\wamp\www\persediaan\index.php on line 4
    dll

  • erlin says:

    sy cb import database error.
    Pencarian SQL:
    /*!40101 SET @OLD_CHARACTER_SET_CLIENT=@@CHARACTER_SET_CLIENT */;
    MySQL menyatakan:
    #1065 – Query was empty

    mohon bantuannya
    langkah2nya sdh benar krn sblmnya sy biasa eksport-import database di phpmyadmin.
    terima kasih

  • erlin says:

    sy tdk bisa impor database.
    Error
    Pencarian SQL:
    /*!40101 SET @OLD_CHARACTER_SET_CLIENT=@@CHARACTER_SET_CLIENT */;
    MySQL menyatakan:
    #1065 – Query was empty

    langkah2 sdh benar krn sy sblmnya pernah ekspor-impor database.
    apa ada pengaruh password utk masuk phpmyadmin.
    kalo boleh sy mnt desain tabel2 databasenya.
    mohon bantuannya terima kasih.

    • admin says:

      1. apakah anda sudah membuat database nya ??
      2. JIka sudah apakah anda sudah mengaktifkan (memilih) database yang anda buat ?
      3. jika ya.. coba anda buka dulu file persediaan.sql nya .. apakah ada isinya atau tidak?
      4. jika ada isinya, coba copy manual dan paste di menu SQL pada phpmyadmin, tentunya setelah anda memilih database yang telah anda buat sebelumnya

      semoga membantu

  • erlin says:

    sy sdh download tp tdk bs log in padahal semua user&pass sdh sy cb. sy gunakan phpmyadmin 2.7.0-pl2 server version 5.0.18 php version 5.1.2
    sblm sy impor database, file database.sql yg sy download sdh sy sesuaikan. database jg berhasil d impor. mohon bantuannya krn program ini sangat membantu sy utk skripsi. trims

  • Rudi says:

    izin sedot gan,
    sekalian izin modif script nya..

  • andri says:

    mas kenapa ya paswordnya salah trus .?
    padahal udah di exsport . .

    mohon bantuannya mas .
    terimakasih sebelumnya .

  • achmad sukma says:

    Mas, pada menu utama sebelah atas ada error seperti ini, mohon pencerahanya:

    Warning: Cannot modify header information – headers already sent by (output started at C:\Appserv\www\Persediaan\index.php:17) in C:\Appserv\www\Persediaan\index.php on line 19

    terima kasih…

    • admin says:

      coba pada file index.php ganti baris :

      header("Location: index.php");

      dan

      header("Location: index.php?err=yes");

      menjadi

      echo("<meta HTTP-EQUIV=Refresh CONTENT=\"0.1;URL=index.php\">");

      dan

      echo("<meta HTTP-EQUIV=Refresh CONTENT=\"0.1;URL=index.php?err=yes\">");

  • Rudi says:

    Mas, saya udah coba langkah2 yg disarankan, saya menggunakan xampp 1.7.7, phpMyAdmin 3.4.5, PHP 5.3.8, server 5.5.16, tapi acak2an & username password salah terus. tolong pencerahannya..

  • Rudi says:

    maaf mas, mohon pencerahannya, saya menggunakan firefox 14, xampp 1.7.7, tetapi tampilan acak-acakan trus tidak bisa login..

    • admin says:

      recomended pake xampp 1.7.3 karena saya develope nya pake xampp tersebut…kl mo pake xampp baru harus di ubah beberpa seting di file php.ini

      coba pake opera terbaru, di mozila 13 sy masih normal

  • ardhianugroho says:

    ada pesan error pada menu retur penjualan “Parse error: syntax error, unexpected T_ELSE in C:\xampp\htdocs\persediaan\file\retur_jual_save.php on line 13″. Solusinya apa ya mas?? :)

  • admin says:

    @ardhianugroho : silahkan dowload ulang … sudah saya revisi

  • asep says:

    gan link download ada virus nya…. please upload lgi thanks

    • admin says:

      Ga ada virusnya mas bro…udah sy coba di laptop sy…ky nya pc yang mas bro pake ada virusnya…dl juga mahasiswaku kl donload jadi exe ternyata routernya yang kena virus… kl akses di warnet coba deh warnet lain..

    • ardhianugroho says:

      itu mgkn saat download di ziddu tanda centangnya tidak dihilangkan

  • ardhianugroho says:

    Strict Standards: date() [function.date]: It is not safe to rely on the system’s timezone settings. Please use the date.timezone setting, the TZ environment variable or the date_default_timezone_set() function. In case you used any of those methods and you are still getting this warning, you most likely misspelled the timezone identifier. We selected ‘Asia/Krasnoyarsk’ for ’7.0/no DST’ instead in C:\xampp\htdocs\persediaan\file\pembelian_set_report.php on line 4. ane dh download yg baru, ada pesan seperti diatas. solusinya gan??

  • admin says:

    @ardhianugroho: buat file .htaccess simpan di folder persediaan, isinya adalah sbb :

    php_value date.timezone “Asia/Jakarta”

    • abdul syafei says:

      Strict Standards: date() [function.date]: It is not safe to rely on the system’s timezone settings. Please use the date.timezone setting, the TZ environment variable or the date_default_timezone_set() function. In case you used any of those methods and you are still getting this warning, you most likely misspelled the timezone identifier. We selected ‘Asia/Krasnoyarsk’ for ’7.0/no DST’ instead in C:\xampp\htdocs\persediaan\file\pembelian_set_report.php on line 4. ane dh download yg baru, ada pesan seperti diatas. solusinya gan??

      saya dah menjalankan perintah mas ko masih tetap ga bisa ya?

  • abdul syafei says:

    file .htaccess simpan di folder persediaan, isinya adalah sbb :

    php_value date.timezone “Asia/Jakarta”

    tetap mas ga bisa ya

  • andriyanto says:

    ada virus tuh …

  • Fane says:

    Untuk ngganti tulisan header sama footer dimana ya gan ? yang tulisanya Informasi persediaan sama dibangun dlm rangka….

  • admin says:

    edit file config.php : ganti define(“nama_aplikasi”,”Sistem Informasi Persediaan”);

    buka indek.phpgulung ke bagian bawah …edit ‘dibangun….’

  • kris says:

    gan, mau tanya kalo untuk mengubah warna tulisan dan backgroundnya dimana yah? saya sudah mencoba mengubah css nya kok tidak berubah? thx..

  • Rudi says:

    Ijin kembangin script gan. Mantap nih, buat tambah” ilmu.. hehehe
    mampir ke blog ane juga gan di Tabuty Zone

  • admin says:

    @rudi : silahkan mas..jgn lupa titip copyright nya aja

  • salman says:

    mantab gan..terimakasih udh di sharing,jarang2 ada yg share full script gini,hehe
    mohon izin buat kembangin yaak.. :D

  • Dody says:

    permisi om admin ..
    thanks appnya..
    mau nanya… sy edit dikit di field nya.. misal keterangan sy ganti dengan kondisi_barang
    di table v_laporan_pembelian Error mas.. gimana ya cara ganti fieldx supaya ga error ???

  • Dody says:

    permisi om admin ..
    thanks appnya..
    mau nanya… sy edit dikit di field nya.. misal keterangan sy ganti dengan kondisi_barang
    di table v_laporan_pembelian Error mas.. gimana ya cara ganti fieldx supaya ga error ???
    di DB nya pake Trigger ya ato gimana mas ?? mohon pencerahannya…

  • Dody says:

    Salam.. Om Admin..
    Mau nanya… itukan ada table laporan… relasi dari table brg,supp and transaksi…

    klo misalkan sy tambah field ato hapus field salah satu table diatas ko error ya.. ??

    gimana cara ngatasinnya.. krn table v_laporan_…… nda bisa di edit juga.. mohon pencerahannya..

  • admin says:

    @dody.. ya karena yang awalan V_ itu bukan table tetapi view
    view itu merupakan tabel virtual hasil join jadi kalo tabel asalnya dirubah pasti view nya error kecuali view nya dirubah juga …

  • Dody says:

    @Admin… oh.. ya sebelumnya sy blum pernah membuat view di mysql… makasih banyak atas pencerahannya om.. sukses slalu…

  • Dody says:

    Om Admin.. mau nanya lagi nih.. klo misalkan mau buat detail barangnya gimana ya mas.. ??
    Klo misalkan 1 Kode barang dan barangnnya berjumlah 5 trus disetiap barang itu ada Serial Number nya.. ??

    Saya udah buat kyakx gini..

    <?php

    $jumlah=$_GET[jml];
    echo "tesssss";
    echo "”;
    for ($x=1;$x<=$jumlah;$x++){
    echo "input serial barang $x:”;
    echo “”;

    };
    echo “”;
    ?>

    MOHON PENCERAHANNYA ,, ??

  • ozs says:

    @dody : rencananya nambah tabel ga ?? kl ga nambah tabel ga bisa kerana kode barangnya udah jadi primary key…kl nambah tabel baru bisa..

    • Dody says:

      Iya.. sy udah tambahkan table.. Serial ada dua field : kode barang dan serial.

      saya pake kan Perulangan..
      Serialnya udah tampil di table itu.. tapi saya mau ambil berdasarkan Kode Barang nya juga tapi ga’ masuk terpanggil.. .. ?????

  • romi says:

    thx mas bro atas xample nya.. sebagai pemula bisa buat jadi bahan untuk pelajaran..
    smoga ilmu nya bisa lebih banyak lagi di share.. dan lebih kren2 hehe..

  • Prasetyo says:

    setelah input password muncul sperti ini:

    Warning: mysql_num_rows(): supplied argument is not a valid MySQL result resource in C:\Program Files (x86)\xampp\htdocs\persediaan_barang\index.php on line 10

    Warning: Cannot modify header information – headers already sent by (output started at C:\Program Files (x86)\xampp\htdocs\persediaan_barang\index.php:10) in C:\Program Files (x86)\xampp\htdocs\persediaan_barang\index.php on line 23

    mohon arahannya

    terima kasih

  • [...] penulis memberikan contoh aplikasi persediaan dengan PHP dan MySQL, kembali penulis coba memberikan contoh aplikasi sederhana untuk pengelolaan SPP dan Keuangan [...]

  • ahmad says:

    gan kalo ganti username ama pasword gmna caranya gan

    • ozs says:

      1. buka phpmyadmin
      2. klik database nya
      3. klik menu SQL
      4. ketik syntax berikut

      UPDATE tbluser SET Password = MD5( ‘passoerd_baru’ ) WHERE IDUser = ‘user_yg_mo_di_ganti_passwordnya’

      5. klik go

  • rudy says:

    gann ko gak bisa download kirim email dong…..? helpmee

  • Rangga Arifa says:

    Mas mau tanya,, pada bagian print laporan return kok tidak mau ya, katanya Akses di tolak! anda login sebagai

    memerbaiki nya di : penjualan_retur_print.php atau penjualan_retur_report.php

    thanks mas..

  • azie says:

    gan kirim ke email ane donk soalnya di ziddu ga bisa download ceklisnya udah di ilangin jg email ane fauzilukmanazis994@gmail.com
    makasih ya sebelumnya gan :D

  • Nix says:

    Om bro numpang nanya, ne saya lagi buat aplikasi penjualan tiket
    gimana ya agar membuat aplikasi batas tiket diatur oleh admin pada database yang dapat berubah sewaktu2 sesuai keinginan admin. Jadi pada saat tiket sudah pada limit yang ditentukan pada database maka akan ditolak oleh system.
    klo bisa menggunakan Ajax donk Om Bro biar lebih responsif.
    Om Bro, klo boleh konsultasi email saya nixonlz86@gmail.com

    Thx b4

  • ozs says:

    1. buat filed tanggal limit pada tabel tiket yang anda punya
    2. ambil tanggal sekarang dari sistem dengan fungsi date di php
    3. cocokan tanggal sistem dengan limit tanggal di mysql jika tanggal sistem lebih dari tanggal limit maka tolak oleh sistem

  • Diki Masduki says:

    pa bisa kirim email ga ? ga bisa di download terus dari semalam -_-
    lagi butuh banget buat hari senin besok
    help me .. :(

  • hakim says:

    Mas aku mau download ko ga bisa ya, kalo boleh minta kirim email dong mas .atau di upload jangan di ziddu linknya

  • akhmad says:

    Gan, reupload dunk di lainnya… ziddu gagal terus
    Makasih

  • suwanto says:

    bro, sorry ganguin.. bole minta emailnya gak? soalnya saya ada bbrp masalah di program. seperti laporan transaksi penjualan tidak update, terus saya liat ada table photobarang.. kalau saya ingin tambahkan file photobarang gimana yah? bisa ajarin atau di bantu gitu.. email saya suwanto88@hotmail.com thanks.. aplikasinya sangat bermanfaat nih .

  • Astrid says:

    Terima kasih utk aplikasinya. Saya mau tanya, untuk ubah username dan password bagaimana caranya? Saya masih baru banget belajar PHP dan mysql. Terima kasih lagi.

    • ozs says:

      user divisi penjualan :divpenjualan
      pass : 123

      user divisi pembelian :divpembelian
      pass : 123

      Pimpinan : managerial
      pass : 123

  • Agus says:

    mksih utk appna , mas mau tanya kok kalo input barang kagak bisa kesave ya ??
    bantu dong mas utkk tgs rpl ne .. maksih banget mas :)

  • furqan90 says:

    udah bisa jalan nih mas, tp pas mau dicoba login kok Gagal Login..!! itu id sama password loginnya gmn mas?

    • ozs says:

      1. buka phpmyadmin
      2. klik database nya
      3. klik menu SQL
      4. ketik syntax berikut

      UPDATE tbluser SET Password = MD5( ‘passoerd_baru’ ) WHERE IDUser = ‘user_yg_mo_di_ganti_passwordnya’

      5. klik go

  • agus tonny says:

    Pak…. saya coba panggil dengan http://localhost/persediaan ada komen :
    Terlarang

    Anda tidak memiliki izin untuk mengakses / Effective di server ini.

    Selain itu, 404 Tidak Ditemukan kesalahan sewaktu berusaha untuk menggunakan ErrorDocument untuk menangani permintaan.

    Apache / 2.4.9 (Win32) OpenSSL / 1.0.1g PHP / 5.5.11 Server at localhost Port 80

    harus gimana ni Pak…? mohon solusinya…
    trimakasih banyak jawabannya.

  • agus tonny says:

    pak…..
    waktu import ada koment :

    Galat
    Query SQL:

    CREATE ALGORITHM=UNDEFINED DEFINER=`root`@`localhost` SQL SECURITY DEFINER VIEW `toko_sp`.`kartu_item` AS select `toko_sp`.`item_penjualan`.`nopo` AS `nopo`,`toko_sp`.`item_penjualan`.`kode_barang` AS `kode_barang`,sum(`toko_sp`.`item_penjualan`.`qty`) AS `qty`,`toko_sp`.`kartu_stok`.`notrans` AS `notrans`,`toko_sp`.`kartu_stok`.`kode` AS `kode`,`toko_sp`.`kartu_stok`.`qty_out` AS `qty_out` from (`toko_sp`.`item_penjualan` left join `toko_sp`.`kartu_stok` on(((`toko_sp`.`item_penjualan`.`nopo` = `toko_sp`.`kartu_stok`.`notrans`) and (`toko_sp`.`item_penjualan`.`kode_barang` = `toko_sp`.`kartu_stok`.`kode`)))) where (`toko_sp`.`item_penjualan`.`kode_barang` = _utf8′BRG-001′) group by `toko_sp`.`item_penjualan`.`nopo`;
    MySQL menyatakan:

    #1146 – Table ‘toko_sp.item_penjualan’ doesn’t exist
    apa karena impornya gk berhasil sehingga gak bisa dipanggil
    mohon solusinya pak…

    • ozs says:

      Nama database nya jangan toko_sp tp ikuti tutorial kl ga salah persediaan..karena nama database akan dipakai untuk membuat view

  • agus tonny says:

    Pak… belum ada jawaban niiiih
    tapi udah saya oprek tanpa putus asa. akhirnya jalan juga.
    Ok banget nih blog. sangat banyak membantu untuk pencerahan utk pemula maca saya. Mudah mudahan jadi amalan yang tak putus pahalanya. ini termasuk ILMU YANG BERMANFAAT. Amien…. Semoga Anda diberikan kesehatan sehingga bisa berbgi ilmu dengan sesama.

    • ozs says:

      Sbelumnya mohon maaf blm bisa sy tanggapi, tapi itu yang saya harapkan dr tiap pembaca ketika menemukan error sedikit berusaha agar skil anda bertambah.trima kasih

  • radix says:

    mas untuk membuat auto wrap text pada output pdf nya gmn ya mas, krn saat mengisi alamat yang panjang tidak turun ke bawah melainkan ke samping menabrak kolom sebelah kanannya
    terima kasih

  • Bunga says:

    mas ganti nama databasenya dmna??

    include(‘config.php’); <– di code phpnya ada ini, tapi di file ga ada config.php ga ada,,

    penjelasanya mass,,, newbie huhu.

    terima kasih.

  • Ajay says:

    minta script upload foto atau gambar dong mas… buntu nih pas di if empty pada validasi di barang_save.php nya.. please..

  • iyaam says:

    username sma pass nya kalo belum punya gimana ?

    • ozs says:

      ini user standar nya :

      1. user : divpembelian — pass : 123
      2. user : divpenjualan — pass : 123
      3. user : managerial — pass : 123

  • van says:

    klo untuk admin apa mas , misal bisa dapat menu divpembelian , div penjualan ,dan managerial

    • ozs says:

      Untuk pengaturan user tidak dibuat mas, itu asumsinya usernya cuma 3 level, jadi kalo mau merubah nama user harus ke phpmyadmin

  • van says:

    Koreksi untuk penjualan_print.php ( Nama barang dan Tanggal transaksi tidak tampil)

    Menjadi

    Trims mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− six = 1

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>