Log Of Oyazhuryachna

PHP-CLI di Xampp For Windows

Saat ini siapa yang tidak kenal PHP, anak SMK pun sudah mulai belajar PHP namun PHP sampai saat ini mindset nya masih terarah ke web programming padahal sesungguhnya PHP tidak hanya ditujukan untuk pemrograman web, namun bisa juga digunakan untuk pemrograman di Command Line (Dos di Windows atau Shell di Linux), nah php yanng diperuntukan di Command line ini lah yang disebut dengan PHP-CLI, dimana CLI itu sendiri kepanjangan dari Command Line Interface.

PHP-CLI otomatis terinstall ketika anda menggunakan XAMPP for windows sebagai paket servernya, berbeda dengan linux jika anda menginstall php secara terpisah tanpa paket server maka PHP-CLI harus diinstal terpisah setelah PHP-nya terinstall.

Mari  kita fokuskan pembahasan ke XAMPP FOr Windows sebagai paket server, untuk mencoba apakan php-cli berjalan atau tidak maka ikuti step by step berikut :

1. Jalankan DOs Promt, klik start –> Run –> Ketik CMD –> Tekan enter

2. Masuk ke direktori php di direktori Xampp

cd c:\xampp\php

3. Jalankan command line berikut :

php -v

perintah diatas untuk mengecek versi dari php yang terinstal, maka pada layar DOS akan ditampilkan versi sistem operasi beserta versi php yang terinstall.

Apa Kegunaan PHP-CLI ?

Pertanyaan selanjutnya ketika PHP begitu power full di web programing lantas mengapa php repot-repor membangun interpreter untuk command line ?? jawabannya adalah ketika  sebuah pekerjaan tidak bisa dilakukan seluruhnya didalam browser maka pekerjaan tersebut bisa diambil alih oleh PHP-CLI !.

 

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *