Log Of Oyazhuryachna

Install Qemu Virtual Machine di Linux Ubuntu

Meskipun Linux sekarang sudah menjadi jantung utama netbook kesayangan tapi kayanya windows masih tetap dibutuhkan untuk beberapa experimen untuk bahan artikel dan pembelajaran anak didik disekolah (maklum masih pada pake windows), banyak pertimbangan tidak menjadikan windows sebagai second OS untuk dual boot. Pertimbangan tetap single boot dengan Ubuntu sebagai OS nya. Sebagai langkah akhir adalah menginstall windows dalam virtual machine.

Ada banyak virtual machine untuk linux seperti virtualbox yang mirip virtual mesin, meski gratis penulis tidak menjatuhkan pilihan ke virtualbox karena membutuhkan resource yang cukup lumanayan. Ada satu virtual mesin yang cukup powerfull namun semuanya dilakukan via command line di shell (Mampus deh 🙂 ) … ukuran file instalasi cukup kecil hanya sekita 10 Mb, namun jika tidak mau ribet instalasi bisa dilakukan secara otomatis dengan perintah di shell sebagai berikut :

$sudo apt-get install qemu

Tunggu beberapa saat dan virtual mesin anda sudah siap digunakan, tunggu artikel lanjutannya bagaimana cara menginstal Windows XP di Qemu.

, , , ,

One thought on “Install Qemu Virtual Machine di Linux Ubuntu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *