Log Of Oyazhuryachna

Membuat Fungsi Sendiri di PHP

Seperti kita ketahui PHP menyediakan banyak fungsi bulit in seperti fungsi date, fungsi time, fungsi string dan fungsi lainnya. Namun dari sekian banyak fungsi ternyata kita juga membutuhkan fungsi-fungsi yang tidak terdapat dalam bawaan php (fungsi built in), jadi mau tidak mau kita harus membuat fungsi sendiri atau istilah keren nya user defined function (UDF). Namuan apa sebenarnya tujuan kita membuat fungsi ? tujuan utama adalah menghemat pengetikan script php yang berulang ulang dan menyederhakan penulisan syntax program. Ketika program sudah mulai bertambah kompleks maka penggunaan fungsi mutak diperlukan sehingaa akan mempermudah pekerjaan kita ketika membutuhkan suatu action yaitu cukup dengan memanggil fungsi yang telah kita buat.

Ada dua macam fungsi yang akan diberikan contohnya pada artikel kali ini,

fungsi yang pertama adalah fungsi yang tidak membutuhkan parameter dan tidak memberikan nilai balik (return value), dan yang kedua adalah fungsi yang membutuhkan parameter satu atau lebih parameter dan memberikan nilai balik (return value)

Nah penulis langsung saja memberikan contoh, Ikuti step by step dibawah ini :

  1. Sebagai langkah awalbuat koneksi.php untuk mengkoneksikan ke database

  2. berikutnya buat file fungsi.php dan kita buat sebuah fungsi tanpa parameter dan nilai balik

  3. Masih di file fungsi.php dan kita buat sebuah fungsi dengan satu parameter dan satu nilai balik

  4. dan Masih di file fungsi.php dan kita buat sebuah fungsi dengan beberapa parameter dan satu nilai balik

  5. Terakhir masih di file fungsi.php dan kita buat sebuah fungsi dengan beberapa parameter dan beberapa nilai balik serta melakukan query dari database

  6. Saatnya melakukan pemanggilan fungsi-fungsi yang telah kita buat, buat file index.php dan panggil fungs-fungsi yang telah kita buat seperti tampak pada gambar dibawah ini :

Perhatikan gambar diatas !

  1. Pada baris ke-2 dan ke-4 kita meng-include-kan file fungsi.php dan koneksi.php
  2. Pada baris ke-6 kita membuat baris dengan memanggil fungsi tanpa parameter dan nilai balik dengan nama fungsi buat_baris()
  3. Pada baris ke-8 kita membuat tulisan tebal berwarna biru dengan memanggil fungsi dengan satu parameter dan satu nilai balik dengan nama fungsi tulisan_tebal_biru($paramter_tulisan)
  4. Pada baris ke-12 kita menghitung luas segitiga dengan memanggil fungsi dengan beberapa parameter dan satu nilai balik dengan nama fungsi luas_segitiga($alas,$tinggi)
  5. Dan pada baris ke-17 kita akan mencari siswa dengan berdasarkan nama dengan kriteria ade, dengan cara memanggil fungsi dengan beberapa parameter dan beberapa nilai balik dengan nama fungsi cari_siswa($field,$kriteria)

Pada file index.php terlihat sangat sedikit script nya, dan anda bisa berulang-ulang memanggil fungsi dengan merubah parameter yang dibutuhkan ! Ketika file index.php dijalankan di browser akan tampak hasilnya seperti gambar dibawah ini :

Sebagai bahan latihan silahkan download contoh scriptnya !

DOWNLOAD

, , ,

One thought on “Membuat Fungsi Sendiri di PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *