Log Of Oyazhuryachna

Membuat Class di PHP

Class dalam PHP merupakan bagian dari Object Oriented Programing atau lebih dikenal dengan OOP yang didukung penuh sejak PHP versi 5. Mengapa kita diusahakan memahami dan menggunakan OOP ? berikut alasannya :

  1. Dengan OOP, script yang dibuat menjadi lebih rapih dan terstruktur, sehingga mudah dalam melakukan debuging ketika terjadi error.
  2. Konsep OOP per modul. sehingga memudahkan ketika bekerja dalam sebuah tim dan menyederhanakan pembuatan script dengan menggunakan modul-modul yang telah dibuat.
  3. Konsep OOP juga memudahkan dalam mengerjakan proyek yang cukup besar dan kompleks.

Sebelum mengenal OOP penulis membangun aplikasi apa adanya artinya setiap membutuhkan prosedur atau fungsi tertentu maka penulis membuatnya di setiap script sehingga script yang sama dibuat berulang-ulang hanya untuk satu tujuan yang sama.

Sebagai contoh perhatikan script dibawah ini !, pada script dibawah ini penulia membuat dua buah rumus matematika untuk menghitung dua buah persegi panjang ! rumus matematika dibawah tidak menggunakan OOP !

Pada gambar diatas kita melakukan perhitungan luas dan keliling terhadap dua buah kotak persegi, pada blok satu (1) merupakan rumus untuk menghitung luas dan kelilian kotak persegi yang pertama dengan panjang 10 dan lebar 5, dan pada bagian blok dua(2) merupakan blok yang digunakan untuk menampilkan hasil perhitungan. ketika dijalankan maka hasilnya akan tampak seperti berikut :

Masih pada gambar diatas ketika kita akan menghitung kotak persegi yang baru maka dengan panjang 20 dan lebar 15 maka kita mengulangi penulisan rumus matematika pada blok satu di blok ketiga, sekarnag kita bayaangkan jika anda diharuskan menghitung 20 kotak yang berbeda ukuran panjang dan lebar, maka apa yang akan anda lakukan ? penulis yakin maka anda akan melakukan penulisan ulang rumus matematika seperti pada blok kesatu sebanyak 20 kali !, nah disinilah terlihat kita melakukan pengulangan penulisan script padahal yang berbeda hanya nilai panjang dan lebar dari kotak persegi yang akan kita hitung, dengan Konsep OOP maka penulisan rumus luas dan keliling cukup dilakukan satu kali disimpan didalam class dan kita cukup memanggilnya ketika akan menghitung dan menampilkan, supaya jelas mari kita bandingkan dengan script yang menggunakan class untuk menghitung luas dan keliling kotak persegi.

Sebagai tahap awal kita buat file class.php, dan isinya tampak seperti pada baris gambar :

Untuk penggunaan ketika akan menghitung buat scrpt contoh_class.php dan isinya tampak seperti pada gambar dibawah ini :

Perhatikan gambar diatas dengan gambar pertama ! didalam gambar diatas tidak tampak penulisan rumus untuk menghitung luas dan keliling, rumus matematika tersebut cukup dibuat didalam class dan dipanggil pada file yang akan menggunakannya. sekarang bagaimana bila anda diminta menghitung luas dan keliling 20 buah kotak maka anda cukup membuat objek baru dengan kata kunci new kotak() dan menghitung keliling dengan memanggil fungsi didalam class kotak yaitu setKeliling(var_panjang,var_lebar) serta untuk menghitung luas cukup dengan memanggil fungsi didalam class kotak yaitu setLuas(var_panjang,var_lebar).

Sekiranya cukup sampai disini tentang membuat class di php yang merupakan bagian dari Object Oriented Programming, penjelasan script diatas akan dibahas pada posting selanjutnya, jika anda membutuhkan contoh-contoh script diatas silahkan download scrptnya !

DOWNLOAD

, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *