Log Of Oyazhuryachna

Membuat Status Bar dengan Delphi

Pada Artikel kali ini penulis akan memberikan sedikit contoh tentang pembuatan status bar. APa itu status bar ? status bar merupakan sebuah baris ditampilan program biaasanya dibawah form aplikasi, fungsinya bermacam macam mulai dari menampilkan tanggal,jam dan hari pada saat aplikasi dijalankan atau untuk mengecek apakah tombol Caplock, insert atau Numlock sedang dalam keadaan Aktif dan keperluan lainnya, sesuai dengan apa yang ingin ditampilkan sebagai status pada aplikasi yang dibangun. Untuk jelasnya perhatikan gambar dibawah ini !


Pada gambar diatas status bar dibuat untk menampilnan tanggal, waktu dan hari dari komputer yang menjalankan aplikasi. Untuk membangun contoh diatas digunakan komponen Timer, StatusBar,Memo, dan Label sehingga pada saat design form akan tampak seperti berikut :

Setelah anda membuat design form seperti diatas, sekarang saatnya membuat script untuk membuat status bar yang akan dijalankan pada saat form dibuat untuk itu double click form yang anda buat, dan ketik script berikut (ketik dari mulai baris 51 sampai 74)

Penjelasan dari script diatas adalah sebagai berikut :

  • Baris 51 – 54 : membuat variable yaitu i dengan tipe integer, tanggal dengan tipe string, dan hari variabel array dengan tipe string
  • Baris 57 – 60 : mengisi variabel array hari dengan nama-nama hari Indonesia.
  • Baris 62 : Variabel tanggal diisi dengan tanggal komputer dimana sebelumnya merubah dari tipe date ke string dengan syntax DateToStr
  • Baris 64 – 74 : Merupakan braket looping for dimana variabel i dimulai dengan 0 dan looping akan diakhiri sampai i bernilai 2
  • baris 66 : Pada saat looping memecah komponen statusbar (sb) menjadi sebanyak i. Dan menentukan lebar panel sebesar 150 piksel.
  • Baris 67 – 72 : Memberikan nilai pada property text dari status bar ke -i, pada saat i bernilai 0 maka text nya adalah Tanggal,pada saat i bernilai 1 maka text nya adalah waktu, dan pada saat i bernilai 2 maka text nya adalah hari dengan mengambil referensi dari array hari , dimana sebelumnya mencari angka hari dengan fungsi DayOfWeek.

Berikutnya adalah kita akan membuat jam / waktu dimana nilai detik nya akan senantiasa berubah (layaknya jam digital), adapun langkahnya adalah :

  • Double Klik pada komponen Timer (gambar jam, lihat gambar ke-2)
  • Ketik script berikut (anda cukup mengetik baris ke-82) :

  • Simpan pekerjaan anda

Dan sekarang saatnya jalankan program anda dengan menekan tombo F9, jika tidak ada error maka akan tampil seperti pada gambar pertama.
Untuk memudahkan praktek, silahkan anda download filenya : Download SCRIPT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.