Log Of Oyazhuryachna

Pembukuan Kas Sederhana dengan PHP

Pembukuan atau pencatatan kas masuk dan kas keluar secara sederhana akan tampak seperti pada gambar dibawah ini, dimana didalamnya terdapat informasi saldo periode sebelumnya serta mutasi kas masuk di kolom debet dan kas keluar di kolom kredit sedangkan sisa kas tercantum di baris akhir kolom paling kanan.

Ketentuan pengisian pembukuan adalah jika terdapat penambahan di kolom debet maka saldo sebelumnya akan ditambahkan dan akan menghasilkan saldo akhir, dan jika di kolom kredit terdapat angka artinya terdapat pengeluaran maka saldo akhir merupakan pengurangan saldo sebelumnya dikurangi kolom kredit.

Jika tabel diatas dibuat menggunakan php bagaimanakah scriptnya terutama dalam perhitungan saldo otomatis jika bentuk tabelnya adalah seperti pada gambar dibawah ini :

Untuk mempelajari script ini silahkan download scriptnya. Inti dari script yang anda download adalah file pembukuan.php dimana dalam file tersebut terdapat dua bagian utama yang pertama mencari saldo periode sebelumnya (lihat gambar) !

dan pada bracket looping while {} lakukan perhitungan saldo dengan script seperti tampak pada gambar dibawah :

Untuk jelasnya silahkan download script-script dan database pembukuan sederhana ini !

13 thoughts on “Pembukuan Kas Sederhana dengan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *